Sunday, December 5, 2021
HomeMISTERIDitemukan Benda Diduga Berasal dari Kebudayaan Tiongkok Kuno di Kentucky

Ditemukan Benda Diduga Berasal dari Kebudayaan Tiongkok Kuno di Kentucky

Mungkinkah sebuah benda dari kebudayaan Tiongkok kuno secara misterius muncul di dekat sebuah kolam di sebuah taman kecil yang jauh dari pemukiman di daerah Harrison County, Kentucky, AS.

“Lempeng bundar itu tergeletak di sana,” kata si penemu, mengenang saat dua tahun yang lalu ketika penelitian panjang untuk mengetahui apakah lempeng bundar itu dan bagaimana ia bisa berada disana. Ini merupakan penelitian panjang yang melelahkan dan meragukan. Raut mukanya menunjukkan bahwa ia mengharapkan penulis untuk menjawab semua pertanyaannya, ia bertanya,”Apa yang Anda pikirkan bagaimana lempeng bundar tersebut bisa berada di sana?”

Seperti artefak lainnya, yang berasal dari kebudayaan Tiongkok kuno yang ditemukan di Amerika Utara tanpa informasi yang mendukung, penulis hanya dapat memberi respons bahwa ada banyak penjelasan yang memungkinkan.

Sebuah jawaban yang lebih informatif datang dari Museum Burke di Washington. Setelah meninjau kembali sebuah foto dari artefak tersebut, museum tersebut memberi jawaban secara lengkap bahwa tidak dapat mengidentifikasi objek tersebut tetapi objek yang mirip telah ditemukan di pantai barat Meksiko.

Respons lain berasal dari universitas, penjual barang kesenian, dan museum – juga berdasarkan pada peninjauan kembali terhadap foto – adalah meragukan. Mereka memberikan perkiraan yang beragam dari penipuan abad 20 sampai spekulasi bahwa objek itu adalah asli.

Lempeng bundar giok tersebut memiliki lapisan film permukaan berwarna putih di sekitar gambar yang timbul. Satu sisi lebih gelap daripada sisi yang lain. Terkesan seperti seekor naga dan seekor ayam dalam Feng Shui, di mana keduanya memegang peranan penting dalam mitologi Tiongkok. Tercantum pula empat karakter.

Giok yang berbentuk seperti coin dengan lubang di tengah dibuat di Tiongkok pada zaman neolitikum 5.000 tahun yang lalu dan berlanjut terutama sampai Dinasti Han sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Lempeng bundar versi yang lebih awal tampak lebih sederhana tanpa ornamen. Kemudian seiring berjalannya waktu disertai ornamen yang sulit dengan motif yang mencerminkan surga dan Bumi dan dewa dewi yang disertai arah yang sangat penting. Di samping fungsi simbol keagamaan, giok berbentuk coin dengan lubang di tengah juga mewakili si empunya memiliki status sosial yang tinggi, karakter moral yang tinggi, dan pada akhirnya menemani si empunya di dalam liang kuburnya.

Sampai saat artefak tersebut diteliti dengan seksama, keasliannya masih diragukan. Bahkan bila terbukti asli, bagaimana artefak itu bisa berada di taman kecil di Harrison County, Kentucky masih tetap merupakan misteri yang harus dipecahkan.(Vivi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments