Monday, November 29, 2021
No menu items!
HomeNEWSINTERNATIONALPembelot Korut: Tidak Bertepuk Tangan Beresiko Mati

Pembelot Korut: Tidak Bertepuk Tangan Beresiko Mati

Keterangan foto: Kim Jong-un sedang disambut hangat oleh anak-anak dan masyarakat. (foto Twitter)

Dalam laporan media Korea Utara sering bisa dijumpai foto dengan adegan pemimpin tertinggi mereka Kim Jong-un ketika berada di tengah-tengah masyarakat yang memberikan tepuk tangan menyambut hangat kedatangannya, bahkan saking antusiasnya sejumlah orang sampai menangis.

Namun seorang pembelot Korea Utara kepada media Inggris Sky News mengatakan, “Bila tidak ingin mati, Anda harus menyambutnya dengan tepuk tangan”.

Diungkapkan oleh pembelot tersebut bahwa ia adalah seorang mantan militer berpangkat letnan yang sudah selama 20 tahun bertugas di Angkatan Darat Korea Utara, tidak sedikit ia melihat warga Korea Utara dieksekusi, di antaranya termasuk anak buahnya. Ia kini sudah berada di Korea Selatan.

Di Korea Utara, siapa saja bisa dijebloskan ke penjara bahkan sampai dieksekusi gara-gara menonton video drama Korea Selatan. Masyarakat tidak berani tidak bertepuk tangan atau mengantuk di dalam acara yang dihadiri oleh Kim Jong-un, karena bisa dianggap tidak mematuhi norma-norma yang berlaku.

Pembelot ini termasuk tidak lancar dalam pelariannya, pernah tertangkap kemudian dipukuli terus menerus selama 15 hari oleh anggota militer Korea Utara, sampai tahun lalu ia baru berhasil melarikan diri ke Selatan.

Namun ia masih belum berani mengkritik Kim Jong-un secara terbuka karena istri dan kedua anaknya masih berada di Korea Utara, ia khawatir mereka akan dianiaya. Ia baru beberapa kali melakukan percakapan singkat dengan istrinya melalui telepon, memperingatkan istrinya demi keselamatan mereka agar tidak mengakui mengetahui ke mana suaminya pergi.

Ia mengaku sekarang lebih bersemangat untuk menghadapi kehidupan, dan mendambakan bisa kembali hidup bersama keluarganya.

“Saya yakin, suatu hari itu pasti akan terlaksana,” katanya. (Secretchina/sinatra/rmat)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments