fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeNEWSINTERNATIONAL5 Orang, Termasuk Seorang Indonesia Ditangkap Polisi Malaysia Terkait IS

5 Orang, Termasuk Seorang Indonesia Ditangkap Polisi Malaysia Terkait IS

Keterangan : Ilustrasi

Oleh: Huang Kaixi

Kepolisian Malaysia pada Sabtu (5/12/2015) menyatakan telah menangkap 5 orang yang dicurigai memiliki hubungan dengan kelompok ekstremis Islamic State/ IS, diantaranya termasuk seorang Eropa yang menjadi pengajar dan seorang dari Indonesia.

Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar dalam sebuah laporannya menyatakan bahwa pihaknya telah menangkap 5 orang yang dicurigai memiliki hubungan dengan kelompok ekstremis IS. 4 orang di antara tersangka tersebut berwarganegara asing dan seorang lagi adalah warga Malaysia. Pihak kepolisian menangkap mereka dalam beberapa kali operasi penggerebekan sejak 17 November hingga 1 Desember 2015.

Polisi mengatakan, 1 tersangka adalah orang Eropa berusia 44 tahun, ia menjabat sebagai guru pengganti di sebuah sekolahan di Penang. Tersangka ini diduga memiliki hubungan dengan al Qaeda dan terlibat tindakan ekstrem di Afghanistan dan Bosnia.

Ketiga tersangka lainnya memiliki hubungan dengan IS, mereka itu adalah seorang pemuda berusia 33 tahun asal Indonesia, seorang asal Malaysia dan 1 orang lagi adalah orang Bangladesh. Ketiganya bertanggungjawab pada perekrutan anggota baru yang akan dijadikan pelaksana tindakan ektrem di luar negeri.

Pimpinan dari kelima tersangka tersebut adalah seorang Indonesia yang pada tahun 2014 pernah bersumpah setia kepada Pemimpin IS, Abu Bakr Al-Baghdadi lewat akun Facebook-nya.

Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar mengatakan pimpinan ini merekrut dan menarik warga Islam terutama di Malaysia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang berminat untuk bergabung dengan organisasi IS. Setelah menyelesaikan latihan militer di Suriah, mereka akan dikirim balik ke negaranya untuk melakukan serangan teror..

Pihak berwenang Rusia telah mengeluarkan peringatan kepada pemerintah Thailand karena ada 10 orang warga Suriah yang memiliki hubungan dengan IS kini sudah berada di Thailand. Malaysia sebagai negara tetangga juga sudah mulai meningkatkan kewaspadaan, menggencarkan operasi pemeriksaan dan penangkapan terhadap orang-orang yang dicurigai. (sinatra/rmat)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular