fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeASTRONOMIHubble Tangkap Proses Penggabungan Dua Galaksi

Hubble Tangkap Proses Penggabungan Dua Galaksi

Keterangan gambar: Berbagai bentuk dari galaksi yang bergabung. (Wikipedia)

Oleh: Lin Yan

Teleskop Hubble NASA berhasil menangkap penggabungan dua galaksi di angkasa, dua galaksi penggabungan, tontonan yang sangat mengejutkan. Sebuah citra yang menampilkan pemandangan yang spektakuler.

Sebenarnya penggabungan dua galaksi tersebut sudah terjadi sejak 230 juta tahun lampau. Karena jarak dari kedua galaksi yang telah bergabung ini letaknya 230 juta tahun cahaya dari bumi. Atau dengan kata lain, perjalanan cahaya yang sudah berlangsung 230 juta tahun itu baru bisa mencapai jarak yang sedemikian jauhnya dari bumi.

HubbleSite.org memublikasikan foto tersebut pada 28 Desember dan menjelaskan citra itu diambil menggunakan instrumen Wide Field Planetary Camera 2 yang disematkan di badan Teleskop Antariksa Hubble milik NASA dan ESA.

Galaksi tersebut dinamakan NGC 6052, dan juga dikenal sebagai Mrk 297, Leda 57.039 atau Arp 209, terletak di konstelasi Hercules, yang jauhnya sekitar 230 juta tahun cahaya dari bumi. Dalam citra yang diambil Hubble, NGC 6052 adalah sebuah galaksi, yang sebenarnya merupakan dua galaksi yang sedang bergabung menjadi satu.

Karena masih dalam proses penggabungan, sehingga struktur galaksi tampak agak kacau karena interaksi mereka. Bintang tersendiri akan dilempar keluar dari orbit semula, kemudian masuk ke orbit baru. Dan keadaannya akan stabil setelah pembentukan galaksi baru.

Keterangan gambar: Penggabungan dua galaksi yang jauhnya sekitar 230 juta tahun cahaya dari bumi.(ESA/Hubble & NASA

Menurut catatan Wikipedia, bahwa ada sekitar 1 – 2 % galaksi saat ini sedang dalam proses penggabungan. Pada April 2008 lalu, Teleskop Antariksa Hubble memublikasikan gambar gabungan galaksi yang terlihat pada 18 tahun silam.

Karena efek dari sudut yang tidak sama, sehingga dalam proses penggabugannya, bentuk galaksi tampak sangat bervariasi. Ada yang seperti kembang api, ada yang berbentuk spiral, dan ada juga yang bentuknya seperti cakram yang menyatu.

Pada awalnya, galaksi ini diklasifikasikan sebagai satu galaksi tunggal. Namun, setelah penelitian dan pengamatan, galaksi ini masih dalam masa pembentukan pasca tabrakan. Awalnya ada dua galaksi yang terpisah, lalu gravitasi mereka menarik satu sama lain, dan akhirnya bertabrakan. Yang kita lihat menggunakan Hubble sekarang adalah proses di mana mereka sedang bergabung menjadi satu galaksi raksasa.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular