fbpx
Wednesday, December 8, 2021
HomeKESEHATANResep Panjang Umur Tiongkok Kuno

Resep Panjang Umur Tiongkok Kuno

Tiongkok adalah negara yang terkenal dengan umur panjang. Masyarakat Tiongkok kuno menyimpulkan, lima aktivitas yang harus dilakukan untuk mendapatkan umur panjang.

Tampaknya hal-hal ini mungkin rumit, tapi kelimanya bermanfaat bagi tubuh dan jiwa Anda, dan dapat membantu Anda benar-benar rileks. Mereka juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan memungkinkan Anda bekerja dengan energi tinggi.

Berjalan

Dikatakan bahwa berjalan dengan tenang selama 10-20 menit sehari dapat membawa sirkulasi darah ke permukaan tubuh dan membantu kulit mempertahankan dirinya setelah tertidur. Kita jangan membaca surat kabar atau memikirkan banyak hal ketika berbaring, karena aktivitas ini diperlukan untuk mengurangi aktivitas otak dan memungkinkan seseorang agar cepat tertidur.

Menggosok kaki

Ada pepatah Tiongkok: “Mencuci kaki Anda dengan air panas jauh lebih efektif daripada minum obat tidur saat Anda ingin tidur,” dan: “Jika Anda ingin menjaga sebuah pohon, lindungilah akarnya, jika Anda ingin menjaga seseorang, lindungilah kakinya”. Banyak ilmuwan medis asing menganggap kaki sebagai “jantung kedua dari tubuh manusia” atau “pompa jantung”, sehingga mereka semua menyarankan perawatan kaki.

Ilmu kedokteran tradisional Tiongkok berpendapat, ada lebih dari 60 titik akupunktur pada kaki yang memiliki ikatan yang kuat dengan organ-organ internal. Sehingga, jika kita dapat menggunakan air hangat (40°C – 50°C) untuk mencuci kaki kita dan menggosok telapak dan jari kaki, maka akan meningkatkan sirkulasi darah, mengendurkan otot-otot dan menyeimbangkan Yin dan Yang dari tubuh. Aktivitas ini juga dapat membantu menyembuhkan luka dan menjaga kebugaran bagi orangtua.

Ventilasi

Ini penting untuk menjaga udara kamar tidur tetap segar, bahkan pada hari-hari berangin atau dingin. Kita perlu menyempatkan membuka jendela untuk sementara waktu, terutama sebelum tidur, karena akan sangat membantu tidur yang baik di malam hari. Namun, ingat jangan menutup kepala ketika tidur.

Menyikat gigi, menyeka wajah dan tubuh

Menggosok gigi sebelum tidur lebih penting daripada melakukannya di pagi hari, karena tidak hanya membantu kita membersihkan gigi dari sedimen mulut, juga melindungi gigi kita sehingga dapat tidur nyenyak di malam hari. Juga sangat membantu untuk mencuci wajah dan menyeka bawah tubuh setelah menonton TV sebelum bersiap-siap untuk tidur, karena dapat menjaga kulit tetap bersih dan membantu kita rileks dan tidur dengan nyaman.

Menyisir rambut

Ilmuwan medis kuno menemukan banyak titik akupunktur di kepala, sehingga saat menyisir rambut, kita bisa memijat dan merangsang mereka untuk membuka titik-titik akupunktur, mengurangi rasa sakit dan mencerahkan mata. Dikatakan bahwa jika kita menyisir rambut dengan tangan sampai kulit kepala hangat dan merah dua kali, sekali di pagi hari dan satu lagi di malam hari, maka dapat membersihkan aliran darah ke kepala, meningkatkan kemampuan berpikir dan memori otak, meningkatkan nutrisi ke folikel rambut, mengurangi kerontokan rambut, menghilangkan kelelahan otak dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur. (Secretchina / Feb/Yant)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular