fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeHeadline8 Resep Panjang Umur Tiongkok Kuno

8 Resep Panjang Umur Tiongkok Kuno

Sejak dulu kala, atau tampaknya orang terus berusaha mencapai impian yang sulit dipahami tentang keabadian, dan keinginan ini telah mengakibatkan banyak teknik tradisional untuk mendapatkan panjang umur yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Berikut ada beberapa tips kesehatan Tiongkok kunno sederhana untuk dilakukan, dan diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan panjang umur:

1. Kepala adalah pusat kecerdasan: Sisir tiga kali sehari untuk mencegah penyakit

Menurut Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT), 12 meridian tubuh manusia, titik akupunktur empat puluh plus, dan lebih dari selusin titik akupresur yang unik, semua berkumpul di kepala.

Menggunakan sisir untuk melakukan pijatan mirip akupunktur atau merangsang pada titik-titik ini dan meridian, dapat membersihkan dua belas meridian, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan metabolisme sel otak, menunda penuaan sel-sel otak, meningkatkan memori, memperkuat pendengaran dan penglihatan, dan menyegarkan pikiran. Hal ini juga dapat menghilangkan kelelahan, insomnia, neuralgia trigeminal (nyeri ekstrim di wajah), dan migrain. Ia bahkan bisa memiliki efek tak terduga pada kecantikan.

Biasanya disarankan untuk menyisir rambut sebanyak tiga kali sehari dengan rutin: sekali di pagi hari, sekali setelah makan siang, dan sekali lagi sebelum tidur – setiap kali selama dua menit, menggunakan 60- 100 sisiran, untuk hasil terbaik. Selama Anda menyisir kulit kepala secara teratur, Anda akan merasa lebih jernih dan energik, tidur lebih baik, rambut putih akan berubah menjadi hitam kembali, dan akan memiliki selera makan yang lebih baik.

2. Kaki sering dianggap sebagai jantung kedua: Sering menggosok kaki dapat menjaga kesehatan

Pengobatan Tradisional Tiongkok mengatakan bahwa kaki memiliki 60 lebih titik akupunktur yang terkait erat dengan 12 meridian organ internal. Namun, karena jaraknya yang besar antara kaki dan jantung, resistensi kaki menjadi rendah dan area tubuh yang paling lemah, karenanya rentan terhadap dingin dan lembab. Kesehatan kaki diyakini erat kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan.

Pengobatan kuno mengatakan bahwa cara terbaik untuk menjaga kesehatan kaki yakni menggosok titik akupunktur Yong Quan (pusat lengkungan). Pijat konsisten dari telapak kaki setelah berendam dalam air hangat dapat memiliki berbagai efek menguntungkan pada tendon, sirkulasi darah, dan otot-otot kaki, dan bahkan daerah tubuh lainnya. Hal ini dapat meringankan sakit kepala, hernia, nefritis, kejang, insomnia, hipertensi, penyakit jantung, sakit tenggorokan, kaki pecah-pecah, mati rasa di usia tua, dan berbagai penyakit lainnya.

Karena efek kesehatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan kesehatan kaki, pengobatan Tiongkok mengacu pada titik Yong Quan sebagai “titik kebugaran”.

3. Menelan air liur 300 kali sehari dapat hidup lebih lama

Dalam kamus Tiongkok (Ci Hai), mendefinisikan air liur sebagai: cairan sekresi kelenjar ludah dan lendir yang disekresikan oleh banyak kelenjar kecil di dinding mulut, yang dicampur dalam mulut. Rata-rata orang dewasa mengeluarkan air liur sekitar 1 – 1,5 liter setiap hari.

Pengobatan Tiongkok menyatakan bahwa air liur, dalam hubungannya dengan limpa dan lambung, membasahi lubang dan anggota badan dan organ internal, mengisi ulang energi, melumasi sendi, dan membersihkan pikiran.

Pengobatan modern menyatakan bahwa air liur menghentikan pendarahan, memudahkan kontraksi pembuluh darah, melarutkan bakteri, membunuh mikroba, menjaga kesehatan gigi, virus pertempuran, membantu pencernaan, dan melayani berbagai fungsi lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan Amerika telah menemukan bahwa air liur dapat meningkatkan pertumbuhan sel saraf dan epidermis. Institut Riset Masakan Jepang menemukan bahwa “air liur dapat menghilangkan zat yang sangat berbahaya yang ada di udara dan makanan”, serta memiliki efek yang kuat dalam mencegah kanker.

Studi yang dilakukan oleh para ahli di University of Georgia School of Medicine menunjukkan bahwa aflatoksin, yang merupakan salah satu zat yang paling dikenal karsinogenik, serta benzena dan nitrit, akan hancur dalam 30 detik setelah kontak langsung dengan air liur. Mereka berpendapat bahwa “cara terbaik adalah mengunyah setiap gigitan sebanyak 30 kali”.

Studi ini tampaknya mendukung resep kuno untuk menelan air liur 300 kali sehari.

4. Gemeretakkan gigi Anda setiap hari untuk membantu mencegahnya tanggal

Gemeretakkan gigi, bermaksud tekan gigi atas dan bawah bersama-sama dengan berirama berulang kali.

Su Wen: Shang Zhen Gu Tian Lun, Sebuah teks Tiongkok kuno, menunjukkan bahwa kesehatan tulang manusia tergantung pada nutrisi sumsum, dan sumsum tulang adalah asal esensi dari tubuh manusia. Jika dasarnya ini berkurang, mungkin tidak cukup untuk mendukung sumsum tulang, dan gigi seseorang akan menjadi kendur atau sakit, atau bahkan tanggal seluruhnya.

Obat tradisional Tiongkok juga percaya bahwa dengan sering menekan-nekan gigi seseorang dapat menyeimbangkan Yin dan Yang, mendorong sirkulasi darah dan aliran energi meridian, mempertahankan dan meningkatkan fungsi keseluruhan otot-otot rahang dan bagian akar gigi, dan menunda berhentinya pertumbuhan.

Selain itu, dengan sering menekan-nekan gigi, secara efektif dapat meningkatkan ketahanan jaringan mukosa, meningkatkan pengunyahan, meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan dari mulut dan gusi, meningkatkan sekresi air liur, meningkatkan resistensi anti-mikroba gigi, dan karena itu membuat gigi lebih kuat, putih, dan bersinar.

5. Suami istri yang saling memijat punggung dapat ringankan kelelahan fisik dan mencegah kanker

Memijat punggung merupakan metode kuno yang memberikan hasil langsung. Memijat punggung akan merangsang puluhan titik akupunktur penting yang dapat membantu merangsang sistem saraf, efektif menjaga keseimbangan sistem saraf pusat.

Manfaat utamanya adalah relaksasi otot, mencegah dan mengobati nyeri punggung dan ketegangan otot.

Kedua, memijat punggung meningkatkan sirkulasi yang lebih baik dan pengaturan fungsi saraf. Memijat di siang hari dapat menjernihkan kepala dan memompa semangat, memijat saat malam hari menenangkan pikiran, mencegah insomnia.

Manfaat lain dari pijat adalah meningkatkan kekebalan tubuh serta pencegahan kanker. Ilmuwan Jepang telah lama percaya bahwa sering memijat punggung dapat meningkatkan sekresi peptida di otak. Peptida ini memiliki kemampuan anti-virus yang kuat dan dapat menghambat mutasi sel, yang menjadi dasar penciptaan sel kanker.

Biasanya ada dua metode pijat punggung, yakni menepuk dan memukul. Menepuk menggunakan telapak tangan kosong, dan memukul menggunakan kepalan kosong – kosong dalam hal ini, berarti lembut. Untuk hasil terbaik, pijat secara konsisten sekali sehari, 50-60 tepukan atau pukulan.

6. Meremas perut setiap hari dapat meningkatkan sirkulasi darah dan bermanfaat pada spirit

Meremas perut adalah metode meningkatkan kesehatan dengan menggosok bolak-balik antara dada dan panggul dengan menggunakan tangan. Pengobatan Tradisional Tiongkok mengatakan bahwa perut adalah “pusat dari organ internal dan sumber Yin dan Yang” dalam tubuh.

Obat modern juga mengatakan bahwa memijat perut dapat memperkuat perut, pencernaan dan otot-otot perut, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan pencernaan. Juga dapat membantu mengobati sembelit, maag, insomnia, radang prostat, nefritis, hernia, tekanan darah tinggi, koroner dan penyakit jantung, serta diabetes. Secara khusus, meremas perut dapat meningkatkan kontraksi perut dan pengurangan lemak, bahkan dapat membantu penurunan berat badan.

Untuk meremas perut, pertama-tama gosok perut dengan gerakan memutar searah jarum jam dengan tumit tangan kanan sebanyak 130 kali di atas pusar dan kemudian bergerak di bawah daerah pusar sebanyak 120 kali. Setelah itu, menggosok seluruh daerah perut dengan telapak penuh tangan kiri sebanyak 120 kali. Balik dan ulangi kembali.

7. Peregangan adalah cara paling efektif untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan sirkulasi darah

Peregangan malas: Ini mengacu pada peregangan tanpa sengaja (yang sering disertai dengan menguap) yang melibatkan gerakan meluruskan leher, mengangkat lengan, mengambil napas besar untuk memperluas dada, peregangan pinggang, berolahraga sendi, dan melonggarkan tubuh.

Sun Simiao, seorang dokter terkenal dari Dinasti Tang, mengatakan, “Jika darah tidak bersirkulasi, tubuh akan menderita penyakit.”

Menurut kedokteran modern, sirkulasi darah bergantung sepenuhnya pada kontraksi otot jantung, yang terutama berlaku bagi pembuluh darah yang letaknya jauh dari jantung.

Ketika melakukan peregangan, tubuh secara alami akan membawa lengan dan rusuk ke atas dan memperluas dada, yang memperkuat diafragma dan membantu dengan pernapasan dalam. Hal ini menyebabkan banyak otot-otot berkontraksi dan mengalirkan darah kembali ke jantung, sehingga mempercepat sirkulasi darah.

Peregangan malas juga dapat membantu pembuluh darah leher mengangkut darah ke otak dengan efisien, membawa nutrisi, mengurangi kelelahan, dan dengan demikian meningkatkan spirit. Ini juga merupakan latihan sistem neuromuskuler, mempromosikan keseimbangan dalam tubuh, meningkatkan asupan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, mempromosikan metabolisme, dan menghilangkan ketegangan yang berlebihan, mencegah ketegangan otot dan memperbaiki postur, semua ini menjaga tubuh yang sehat.

8. Tekan titik akupunktur Hegu, Nei Guan, dan Zu San Li sekali sehari untuk tubuh yang sehat

Titik Hegu terletak di daerah antara ibu jari dan jari telunjuk. Akupunktur pada titik Hegu membantu menyembuhkan sakit kepala, kelumpuhan wajah, dan penyakit yang melibatkan panca indera.

Titik Nei Guan terletak sekitar 5 cm dari lipatan pergelangan tangan. Akupunktur pada titik Nei Guan terutama membantu mengobati jantung berdebar, tekanan darah tinggi, epilepsi, asma, sakit perut, mual, dan muntah.

Titik akupunktur Zu San Li berada di sekitar 7,5 – 10 cm di bawah pusat lutut. Ia berfungsi mengatur perut, mengisi energi, meningkatkan sirkulasi melalui meridian, dan mengusir angin dan kelembaban, menurut bahasa Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Penelitian ilmiah modern menegaskan bahwa melakukan akupunktur pada titik Zu San Li merangsang lambung dan usus, serta berbagai pencernaan dan aktivitas enzim. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, membantu pencernaan, meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan produksi sel darah merah dan putih, hemoglobin, kadar hormon endokrin, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Akupunktur pada titik Zu San Li juga membantu mencegah sakit perut dan nyeri perut, muntah, sembelit, diare, hepatitis, radang kantung empedu, dan tekanan darah tinggi.

Zu San Li, Hegu, dan Nei Guan, tiga dari titik akupunktur utama yang digunakan oleh dokter tiongkok kuno dalam perawatan medis.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan Tiongkok telah menemukan bahwa memijat tiga titik akupunktur tersebut menguntungkan saraf tubuh, otot, jaringan, dan organ, efek positifnya melampaui setiap olahraga fisik.

Tekan titik akupunktur Zu San Li, He Gu, dan Nei Guan, masing-masing selama lima menit, dengan menggunakan ibu jari atau jari tengah, tekan titik sebanyak 15 – 20 kali. (Epoch Times/ajg)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular