fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeMISTERIFENOMENA UNIKIkan Dengan Gigi Seperti Manusia Ditemukan

Ikan Dengan Gigi Seperti Manusia Ditemukan

Ikan piranha dengan gigi seperti gigi manusia yang berasal dari Amerika Selatan secara mengejutkan telah muncul di beberapa danau tenggara di Michigan.

Ikan Pacus merah perut buncit, dijuluki sebagai ‘piranha vegetarian’ dimana sebagian besar diet vegetarian, telah muncul di ujung kait pemancing di Danau St Clair dan Port Huron. Ikan seperti piranha tersebut telah tertangkap setidaknya tiga kali bulan Juli lalu oleh nelayan di danau-danau tenggara itu.

Ikan bergigi mirip manusia yang dikenal dengan nama ilmiah Piaractus brachypomus agak populer di kalangan pemilik akuarium karena gigi perseginya yang aneh, yang tidak biasa, mengejutkan terlihat oleh manusia.

Menurut Michigan Department of Natural Resources (DNR), diduga bahwa Pacus tersebut dimasukkan ke dalam danau oleh orang-orang yang membuat mereka sebagai hewan peliharaan.

DNR dalam laporannya mengatakan bahwa Pacus adalah jenis spesies asli untuk dataran banjir sungai dan cekungan Orinoco dan Amazon. Tubuhnya yang unik berbentuk sama dengan piranha sepupu mereka, tetapi gigi runcingnya digunakan untuk menghancurkan biji dan kacang-kacangan

Pacus dapat tumbuh menjadi sekitar 35 inci (0,89 m) panjangnya, yang dalam beberapa kasus membuat pemilik hewan peliharaan melepaskan mereka ke alam liar karena mereka sudah terlalu besar untuk dipelihara dalam aguarium.

Untungnya, Pacus tidak mungkin menjadi spesies invasif (penyerbu) di Michigan, karena suhu hangat menjadi bagian penting untuk kelangsungan hidupnya. Namun, DNR mengatakan bahwa melepaskan hewan peliharaan ke alam liar cenderung mengakibatkan kematian mereka dan berbahaya bagi hewan lain. Selain itu dapat membuat implikasi merugikan bagi ekosistem asli dan satwa liar.

Menurut DNR, di luar Michigan, setidaknya 26 negara lainnya di negeri ini telah melaporkan Pacus tangkapan di alam liar. (ran)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular