Sunday, November 28, 2021
No menu items!
HomeBERITA NASIONALIni Sumpah Budi Gunawan Saat Dilantik Jokowi Sebagai Kepala BIN

Ini Sumpah Budi Gunawan Saat Dilantik Jokowi Sebagai Kepala BIN

JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Istana Negara,  Jumat (9/9/2016). Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso setelah dinyatakan layak dalam uji kelayakan di Komisi I DPR RI dan disetujui secara bulat dalam paripurna DPR RI.

Turut hadir pelantikan Budi Gunawan selaku Kepala BIN Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri. Pejabat tinggi yang hadir lainnya adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Turut hadir Menteri Kabinet Kerja yakni Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan.

Menteri lainnya yang hadir adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Tito Karnavian berserta petinggi Polri lainnya dan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.

Berikut sumpah jabatan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN :

Demi Allah saya bersumpah,

Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bahwa saya, akan menjunjung tinggi hak asasi manusia, demokrasi, dan supremasi hukum.

Bahwa saya akan menjalankan tugas dan wewenang dalam jabatan saya dengan sungguh-sungguh, seksama, obyektif, berani, dan profesional.

Bahwa saya akan menjunjung tinggi kode etik intelijen negara di setiap tempat, waktu, dan dalam keadaan bagaimana pun juga.

Bahwa saya, pantang menyerah dalam menjalankan segala tugas dan kewajiban jabatan.

Bahwa saya, akan memegang teguh segala rahasia intelijen negara dalam keadaan bagaimana pun juga.

(asr)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments