Sunday, December 5, 2021
HomeMISTERIFENOMENA UNIKFatamorgana di Atas Langit Tiongkok

Fatamorgana di Atas Langit Tiongkok

Masyarakat Tiongkok digegerkan dengan fenomena fatamorgana di atas langit kota Chaoyang, Liaoning, Tiongkok. Masyarakat setempat bisa dengan jelas menyaksikan pemandangan pavilion yang menggantung di udara.

Fenomena fatamorgana yang menakjubkan di atas langit kota Chaoyang, Tiongkok itu terjadi pada Senin (5/9/2016)  lalu sekitar pukul 16:00 petang waktu setempat. Pemandangan pavilion yang menggantung di atas langit kota Chaoyang itu muncul tak lama setelah Chaoyang diterjang hujan lebat. Gambar itu tampak sangat jelas. Banyak netizens yang mengatakan, baru pertama kali melihat pemandangan seperti itu di angkasa, sungguh menakjubkan!

Menurut sumber, posisi spesifik pavilion yang menggantung di angkasa itu tepat berada di atas langit Changjiang Hospital, sebelah barat overpass kota Chaoyang, Tiongkok. Melihat pemandangan itu, para netizen pun memberikan komentar yang beragam.

“Sungguh menakjubkan! Bak istana surgawi!

“Sangat indah dan menakjubkan! ajaib!”

“Seperti dunianya para dewa laut dalam legenda Tiongkok!”

 Senin (5/9/2016) lalu, sekitar pukul 16:00 petang waktu setempat, masyarakat Tiongkok digegerkan dengan pemandangan menakjubkan berupa fatamorgana di atas langit kota Chaoyang, provinsi Liaoning, Tiongkok. (Internet)

Senin (5/9/2016) lalu, sekitar pukul 16:00 petang waktu setempat, masyarakat Tiongkok digegerkan dengan pemandangan menakjubkan berupa fatamorgana di atas langit kota Chaoyang, provinsi Liaoning, Tiongkok. (Internet)

Banyak catatan sejarah mengenai fenomena fatamorgana, catatan terkait paling awalnya muncul pada masa dinasti Qin, karena berbagai mitos dan munculnya fatamorgana semasa itu selalu dianggap sebagai dunianya para dewa, sehingga banyak yang mencoba menemukan dunia kahyangan ini, namun, tidak pernah berhasil.

Fatamorgana merupakan sebuah fenomena di mana optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Fatamorgana biasanya berupa genangan air di tengah padang pasir atau dipermukaan jalan beraspal yang terkena panas terik matahari.

Banyak yang mengira fatamorgana tak lebih dari halusinasi seseorang yang terkena panasnya sengatan matahari gurun. Padahal, fatamorgana tidak hanya di padang pasir dan bukan sekadar halusinasi. Tak seperti halusinasi, fatamorgana bisa dilihat oleh semua orang. Bahkan bisa terekam oleh kamera. Tapi pemandangan-pemandangan (fatamorgana) ini tidak akan berlangsung lama dan akan hilang dengan sendirinya.

Fatamorgana biasa dianggap sebagai ilusi optik akibat perbedaan kepadatan udara. Cahaya sebuah obyek dibengkokkan karena melalui dua lapisan udara dengan suhu dan kepadatan berbeda. Akibatnya, orang tertipu melihat bayangan sebagai obyek. Bayangan yang dihasilkan bisa buram, terbalik, atau bergelombang.

Sejak tahun 2000, banyak wilayah di Tiongkok seperti Harbin, Guangdong, Shanghai, Qingdao, Xi’an, Chengdu, Yunnan dan tempat-tempat lainnya disuguhkan dengan pemandangan fatamorgana yang menakjubkan.

Daya tarik fatamorgana memang luar biasa. Tak hanya bayangan yang dihasilkan begitu indah dan nyata. Namun juga sulit untuk masuk ke dalam logika. Bahkan pemandangan matahari terbenam yang begitu indah, tak lepas dari fenomena fatamorgana. Menjelang terbenam, matahari terdistorsi hingga terbagi dua. Saat itu seluruh atau sebagian piringan matahari berada di bawah cakrawala. Namun sinar matahari yang ter-refraksi oleh atmosfir membuat matahari terlihat di atas cakrawala.

Fatamorgana memang masih menyimpan banyak misteri. Bahkan para ahli pun masih belum bisa menjelaskan secara lebih terperinci. Terutama bagaimana bisa suatu pemandangan kota bisa terproyeksi dengan jelas di atas langit kota lain. (ntdtv/li yun /zhao yun/joni/rmat)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular