Viral Foto Menteri Susi Tidur di Kursi Bandara Amerika Serikat, Ternyata Usai Dipuji Aktor Leonardo Dicaprio, Begini Saja Mana Fotomu?

“Ketika saya tanya tadi, “Ibu beneran ketiduran di lounge situ?” Boss menjawab, “Iya. Abis capek nunggu boarding balik ke Jakarta 2 jam,” tulis Fika pada caption foto instagrammnya, Selasa (13/6/2017).

Ini versi panjang lebar penjelasan Fika Fawzi dalam akun instagramnya @ffawzia07

Minggu pagi sekitar jam 6 saya dapat pesan Whatsapp dari Boss. “Fika, cek ini itu, kontak dia, find out the story, blablabla”. Saya balas, “Baik Bu. Saya jam 8 pagi ini rapat mengenai hal itu dan saya laporkan hasilnya”. Tidak ada balasan dari Boss lagi.

Sesaat kemudian, salah satu kolega saya kirim foto di atas ini. “Di JFK Lounge”, caption dari foto tersebut. “Barusan?”, saya tanya. “Iya”, jawab kolega saya.

Oh, pantas pesan saya tidak dibalas lagi karena ketiduran sambil cek HP.

Entah kenapa, foto ini viral karena ada yang mengunggahnya di Facebook dan media online begitu mudahnya mendaur ulang berita meskipun hanya bermodalkan caption dan komentar di post tersebut.

Boss memang letih. Sudah seminggu Boss di New York berjuang dan diplomasi mengenai bagaimana mencegah dan memberantas kejahatan perikanan di Markas Besar PBB.

Bahkan, Leonardo Dicaprio memujinya karena komitmen Boss untuk transparansi data Vessel Monitoring System (VMS) di aplikasi Global Fishing Watch, karena Indonesia adalah negara pertama di dunia yang melakukannya.

Saya sempat bergurau mungkin di dunia paralel Rose Pudjiastuti adalah penyebab tenggelamnya kapal Titanic.

Tapi, di balik keletihan itu saya paham betul bahwa Boss tidak hanya capek di New York saja tapi pekerjaan ini memang membuat capek fisik, dan capek hati juga.

Sudah 2,5 tahun lewat, orang-orang yang tidak suka dengan kebijakan atau program Boss juga banyak. Membuat perubahan atau mengubah budaya keterbukaan di birokrasi, dalam kata-kata Boss, “Sulitnya seperti mencabut gigi kerbau”.

Tapi, viralnya foto ini justru membuat Boss mendapat dukungan semangat atau pujian dari warganet, tidak sedikit pun yang kontak saya pribadi dan berpesan,

“Tolong jaga Ibu ya Mbak. Doa kami untuk beliau”. Ketika saya tanya tadi, “Ibu beneran ketiduran di lounge situ?”

Boss menjawab, “Iya. Abis capek nunggu boarding balik ke Jakarta 2 jam”.

Perasaan saya berkata bahwa capek ini akan berlanjut, karena kami pun yang di sekitarnya juga merasakan hal yang sama. Saya pun tidak terkecuali. Hanya saja semoga capek ini tidak sia-sia karena pekerjaan panjang masih menanti.

Jakarta/New York, 11 Juni 2017.

Begini saja, sudah yakin ingin punya foto yang seperti ini? (asr)