Banjir Besar dan Hujan Deras Berhari-hari Melanda Bangka Belitung, Jalanan Putus dan Listrik Padam Hingga Buaya Masuk ke Rumah dan Perkantoran

BNPB menyampaikan jalan lintas Tanjung Pandan-Buding menuju Kampit dan Manggar tidak bisa dilalui kendaraan karena kedalaman air 3 meter, akibat Sungai Buding meluap.

Data BNPB menyebutkan, begitu juga dengan banjir di Kecamatan Gantung, pada Minggu pagi jalan raya dari Gantung menuju  Manggar putus yaitu di Dusun Selumar RT 12 Aik Merantik Desa Selinsing.

Ruas jalan dan jembatan yang amblas tersapu banjir di Belitung dan Belitung Timur (BNPB)

Di Kecamatan Manggar jembatan Aik Meranti Desa Selumar putus sehingga lumpuh total. Bantuan logistik mengalami kendala akibat jalan putus dan terendam banjir.

Terhambatnya akses transportasi juga disebabkan jembatan yang ambruk terseret arus banjir.

Tiga jembatan yang sudah teridentifikasi terputus yakni jembatan Kampung Gunung, Jembatan Batu Penyok dan Jembatan Bantan. Sementara itu hujan lebat masih turun.

Aparat dan relawan terus lakukan evakuasi dari banjir di Belitung dan Belitung Timur (BNPB)

Sementara itu banjir di Kabupaten Belitung banjir melanda empat kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung Pandan, Membalong, Sijuk dan Badau. Beberapa ruas jalan juga tidak dapat dilalui kendaraan karena terendam banjir.

Menurut Sutopo, sebanyak 40 rumah di Desa Kembiri Kecamatan Membalong  terendam banjir hingga 2 meter akibat luapan Sungai Kembiri.

Beberapa perahu milik warga tenggelam tersapu banjir yang terjadi pada Minggu dini hari pukul 02.30 Wib di Desa Sungai Padang Kecamatan Sijuk.