fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeSTORYCERITA INSPIRASINenek Pedagang Sayur Selama 53 Tahun Ini Menyumbangkan Hingga Rp 4 Miliar...

Nenek Pedagang Sayur Selama 53 Tahun Ini Menyumbangkan Hingga Rp 4 Miliar Uang Simpanannya, Dia Terpilih Sebagai Tokoh Majalah TIME “Pahlawan” Paling Berpengaruh Ke-8 di Dunia

Erabaru.net. Pada 2010 lalu, majalah bergengsi Amerika Serikat TIMES memilih 100 Tokoh Paling Berpengaruh pada ketegori pahlawan.

Tak disangka, seorang wanita dari kalangan rakyat jelata Taiwan yang berusia 66 tahun ini berada di urutan ke-8 sebagai orang yang paling berpengaruh versi majalah Time. Sementara tokoh di belakangnya seperti Presiden AS Obama, Bill Clinton dan CEO Apple harus puas berada di belakangnya.

Lebih mengejutkan lagi, ketika puluhan wartawan datang ke kios sayurnya dan memberi tahu bahwa majalah “Times” mengundangnya ke Amerika Serikat untuk menerima penghargaan, ia langsung menolaknya : “Tidak, jika saya pergi, bagaimana dengan sayur-sayurku ?”

Foto : Epochtimes.com

Setelah ditelusuri lebih lanjut, wanita ini ternyata adalah seorang nenek penjual sayuran di Pasar Pusat Taitung, Taiwan.

Wanita ini bernama Chen Shu-ju, ia mengandalkan usaha kecilnya “3 sayur 50 NT (sekitar Rp 21 ribu).

Selama 53 tahun dalam hidupnya, ia telah membantu anak yatim piatu, membangun gedung perpustakaan sekolah, dan menyumbang lebih dari 10 juta dollar Taiwan atau sekitar Rp 4,4 miliar.

Chen Shu-chu dan mantan presiden Taiwan Ma Ying-jeou.

Setelah sutradara film asal Taiwan yang bernama Ang Lee mempelajari kisah hidup Chen Shu-ju lebih dalam, ia secara pribadi menulis surat rekomendasi, yang akhirnya menjadikan Chen Shu-Chu yang hanya lulusan SD ini, memiliki gelar “Asian of the Year 2010”.

Ketika berita mengenai dirinya menyebar keesokan harinya, seketika banyak media yang ingin mewawancarainya,  namun Chen Shu-ju mengatakan : “Saya bukan pahlawan, saya hanya penjual sayur.”

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular