fbpx
Thursday, December 9, 2021
HomeSEHATHindari Makanan Berikut Ini Bila Mendambakan Gigi yang Sehat

Hindari Makanan Berikut Ini Bila Mendambakan Gigi yang Sehat

Erabaru.net. Membayangkan sakit gigi membuat kita sangat takut. Banyak dari kita pasti pernah mengalami pengalaman pahit ini, malam tidak bisa tidur karena sakit gigi. Sakitnya yang sangat dan tak tertahankan.

Ada beberapa sebab mengapa sakit gigi, seperti gusi bengkak atau beberapa jenis infeksi gigi.

Maka dari itu, menjaga kebersihan gigi yang tepat itu penting. Beberapa masalah gigi karena kebersihan yang tidak tepat bisa berupa bau mulut, gigi sensitif, gusi berdarah, sakit gigi, luka mulut dan infeksi.

Meskipun kesehatan gigi yang tepat dimulai dengan menyikat gigi secara teratur dua kali sehari, sangat penting untuk diingat bahwa ini tidak cukup.

Ada beberapa makanan yang bisa berbahaya bagi kesehatan gigi Anda. Pada artikel ini, akan dibahas beberapa makanan yang harus dihindari jika Anda menginginkan gigi sehat.

Permen manis: Permen manis sangat banyak mengandung gula sehingga menyebabkan gigi berlubang, di mana lama kelamaan berisiko serangan asam terhadap gigi yang menyebabkan gigi menjadi busuk.

Bila Anda mendambakan gigi yang sehat, maka katakan “Tidak” pada permen, kecuali Anda memilih makan permen yang tidak mengandung gula.

Bila Anda suka makan cokelat, cokelat hitam, permen karet dan permen yang mengandung sedikit gula, Anda boleh memakannya dalam jumlah sedikit.

Teh atau kopi: Terlalu banyak minum teh atau kopi akan mewarnai gigi. Untungnya, 1-3 cangkir teh sehari adalah aman untuk kesehatan mulut.

Namun tidak demikian dengan kopi. Asam tannat yang terkandung di dalam kopi berdampak pada lapisan email gigi, sehingga menyebabkan gigi menjadi berwarna coklat.

Kandungan gula yang terdapat di dalam teh atau kopi menyebabkan gigi menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri.

Lebih baik minum secangkir teh hijau karena teh hijau bermanfaat untuk kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena teh hijau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Minum teh hijau secara rutin melindungi gigi dari gigi berlubang, bau napas dan penyakit gusi.

Buah jeruk: Buah jeruk kaya akan vitamin C dan sangat penting untuk tubuh. Namun, kadar asam yang tinggi di dalam buah dan jus jeruk dapat melunakkan email dan mengikis mineral dari email.

Daerah email yang melunak akan berubah warna menjadi pucat dan akhirnya membusuk. Untuk mempertahankan kebutuhan vitamin C tubuh, makanlah buah jeruk dengan cara yang lebih aman guna mencegah terkikisnya email.

Gunakan sedotan untuk minum jus jeruk. Kumur mulut setelah makan jeruk , ini berguna melarutkan asam di dalam mulut, dan sikat gigi 30 menit kemudian.

Minuman soda dan gula: Sebagian besar minuman yang mengandung soda termasuk diet soda adalah asam sehingga merusak gigi.

Selain karena mengandung gula, minuman soda juga mengandung asam fosfat dan asam sitrat sehingga akan melunakkan email, membuat gigi menjadi tanggal dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

Bila Anda masih saja tetap ingin minum minuman yang mengandung soda, pastikan Anda segera minum segelas air putih setelah minum minuman yang mengandung soda.

Minuman anggur: Alkohol, terutama anggur, mewarnai gigi dan mengikis lapisan email. Minum secara berlebihan akan menyebabkan kanker mulut.

Anggur menyebabkan tubuh kekurangan cairan, sehingga mengeringkan mulut, sulit memproduksi air liur, di mana air liur berguna untuk mempertahankan gigi tetap bersih dan bebas dari sampah.

Bila produksi air liur berkurang, maka akan mengganggu kesehatan gusi yang dapat menyebabkan kanker mulut. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda menyikat gigi dan membilas mulut dengan benar.

Acar: Acar mengandung cuka, yang sangat tinggi kandungan asamnya. Hal ini akan melunakkan email dan menimbulkan masalah pada gigi.

Menyikat gigi dan membilas mulut dapat membantu mengatasi masalah ini, atau Anda dapat makan sepotong keju karena kalsium yang terkandung di dalam keju akan menetralisir asam yang terkandung di dalam cuka.

Keripik kentang: Makan keripik kentang dapat terselip di antara gigi sehingga menyebabkan bakteri berkembang di sekitar gigi yang berlubang.

Kandungan tepung di dalam keripik kentang sangat tinggi dan enzim di dalam air liur mengubah tepung menjadi gula. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, gula sangat berbahaya untuk kesehatan gigi.

Makanan yang lengket: Sebagian besar buah kering biasanya adalah lengket. Bila Anda sering makan buah yang dikeringkan, pastikan Anda membilas mulut dengan segera. Pastikan juga Anda menyikat gigi dengan benar.

Es: Es yang sangat dingin dan keras berdampak negatif pada email gigi, yang merupakan lapisan pelindung gigi. Mengunyah es akan mengikis email dan membuat gigi menjadi patah.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular