17 Makanan Terbaik yang Bisa Membuat Anda Hidup Lebih Lama

panjang umur

Erabaru.net. Sebenarnya, menurut penelitian Harvard yang terkenal, ada lima faktor yang berkontribusi terhadap umur panjang:

1. Tidak merokok.
2. Sering bersosialisasi dengan teman dan keluarga.
3. Olahraga teratur.
4. Menjaga berat badan dalam kategori sehat 18-24 BMI.
5. Makan makanan yang bermanfaat meningkatkan kesehatan umum dan memberi nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Dan pada artikel ini, akan membahas poin kelima yaitu makanan yang akan membuat hidup lebih panjang umur.

# 1 Sayuran berdaun hijau

Semua sayuran berdaun hijau, dari bayam hingga biji-bijian, kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan agar tubuh tetap berfungsi sebaik mungkin dan bebas dari efek penyebab penyakit radikal bebas.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan sayuran hijau sekali sehari dapat mengurangi risiko hampir 15% untuk terkena penyakit yang mengancam jiwa.

# 2 Almond

Almond dapat membantu daya ingat tetap kuat, cerdas, mencegah penyakit degeneratif akibat penuaan otak dan menyehatkan jantung dan sistem pernapasan.

Karena kacang almond kaya akan serat dan lemak sehat yang mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat otak.

Perhatian: Rendam segenggam kacang almond semalamam, dan kemudian makanlah setelah mengupas kulitnya karena senyawa tertentu yang terkandung di dalam kulit almond diketahui mengganggu pencernaan dan mencegah penyerapan nutrisi.