Nenek dari Thailand Ini Meraih Gelar Sarjananya di Usia 91 Tahun

nenek dari thailand

Erabaru.net. Seorang wanita berusia 91 tahun dari Thailand yang mengatakan bahwa ‘tak pernah ada kata terlambat untuk belajar’ telah menyelesaikan gelar sarjana setelah berusaha lebih dari 10 tahun. Ia berbicara dengan Watchiranont Thongtep dari BBC Thailand.

Kimlan Jinakul selalu ingin belajar di universitas tapi sebagai seorang gadis muda, ia sama sekali tidak memiliki kesempatan itu.

Tapi kemudian hampir sepanjang hidupnya dan setelah melihat sebagian besar anaknya sendiri mengenyam pendidikan di universitas, dia memutuskan untuk mendaftar dan pada hari Rabu lalu akhirnya berhasil meraih gelar.

Kimlan yang berasal dari Provinsi Lampang di utara Thailand. Dia adalah murid yang cerdas dan belajar di salah satu sekolah terbaik di provinsinya.

Tapi masuk ke universitas bukanlah pilihan saat itu, dan setelah keluarganya pindah ke Bangkok dia menikah dan harus meninggalkan mimpinya untuk belajar lebih jauh.

“Saya selalu punya (keinginan itu), meskipun, ingin anak-anak saya bisa belajar, jadi saya mendorong dan mendukung mereka ketika mereka ingin pergi ke universitas,” katanya.

Wisuda Kimlan dihadiri sebagian besar keluarganya.

Empat dari lima anaknya mendapat gelar magister dan salah satunya bahkan melanjutkan mendapatkan gelar PhD di AS.

Dan pengalaman akademis anak-anaknyalah yang akhirnya menuntun dirinya untuk mendaftarkan diri.

Ketika salah satu putrinya – yang sudah bekerja di rumah sakit – mengikuti kuliah di Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat, Kimlan memutuskan untuk ikut mendaftar.

Dia berusia 72 tahun saat pertama kali mendaftar, tapi tragisnya, anak perempuan yang belajar bersamanya, meninggal dunia. Kimlan keluar dari kuliah itu selama beberapa tahun.