Selandia Baru Beli Pesawat Boeing Menangkal Pengaruh Tiongkok yang Tumbuh di Wilayah Pasifik Selatan

WELLINGTON – Selandia Baru setuju untuk membeli empat pesawat patroli maritim Boeing P-8A Poseidon, Menteri Pertahanan Ron Mark mengatakan pada 9 Juli, memperkuat kemampuan pengawasan karena berfungsi untuk melawan munculnya kekuatan baru seperti Tiongkok.

Selandia Baru bertanggung jawab untuk misi patroli dan penyelamatan di wilayah Samudra Pasifik yang lebih besar dari Eropa dan berencana untuk meningkatkan keterlibatannya di Pasifik Selatan, di mana ia kehilangan kendali atas negara-negara kepulauan kecil dibanding Tiongkok.

Mark mengatakan, pesawat tersebut diperoleh dari Amerika Serikat melalui program penjualan militer asing dan akan menelan biaya $2,24 miliar ($1,6 miliar), termasuk biaya pelatihan. Mereka akan beroperasi pada 2023.

Militer Selandia Baru telah mencari untuk menggantikan armada P-3 Orion yang sudah tua, dan peningkatan itu menarik sejalan dengan kemampuan mitra berbagi-intelijen Five Eyes – Australia, Kanada, Inggris dan Amerika Serikat.

“Mempertahankan kapasitas patroli maritim sangat penting untuk keamanan nasional Selandia Baru dan untuk kemampuan kami untuk berkontribusi pada upaya keamanan global,” kata Mark kepada wartawan.

Pada tanggal 6 Juli, Selandia Baru merilis pernyataan kebijakan pertahanan yang memperingatkan bahwa pengaruh Tiongkok yang meningkat di Pasifik Selatan dapat merusak stabilitas regional.

Ia juga menyinggung ketegangan di Laut Cina Selatan yang diperebutkan, yang sebagian besar diklaim Beijing sebagai miliknya, dalam menghadapi klaim-klaim persaingan dari beberapa negara Asia Tenggara.

Gabungan Pertahanan Five Eyes

Poseidon, yang secara luas dianggap sebagai pesawat paling canggih di dunia dalam peperangan anti-kapal selam, menandakan kesiapan Selandia Baru untuk membantu sekutu melawan Tiongkok di Laut Cina Selatan, kata para analis.

“Sebagai mitra pertahanan, Anda membutuhkan aset-aset. Melakukan sesuatu bahwa Anda menjunjung tinggi tatanan berbasis aturan internasional, Anda memerlukan sesuatu yang akan berguna bagi Australia dan Amerika Serikat,” kata Euan Graham, seorang pakar kebijakan pertahanan di lembaga penelitian yang bermarkas di Sydney, Lowy Institute.

“Cara yang paling jelas adalah memiliki sistem yang sama, P-8.”

Australia telah berkomitmen untuk membeli 15 pesawat Poseidon untuk menggantikan pesawat Orion-nya, yang akan ditarik dari tugasnya tahun depan. Boeing mengatakan 85 Poseidon sekarang beroperasi di seluruh dunia.

Bulan lalu, Korea Selatan mengatakan akan membeli Poseidon, karena memperkuat kemampuan anti-kapal selam dalam menghadapi ancaman dari rudal balistik yang diluncurkan kapal selam Korea Utara.

Markus mengatakan Selandia Baru dapat mempertimbangkan lebih banyak pembelian teknologi pengawasan maritim sebagai bagian dari tinjauan yang dijadwalkan pada akhir tahun.

“Kemampuan untuk meningkatkan kualitas satu sama lain akan mempertimbangkan pesawat berawak yang lebih kecil, sistem-sistem pesawat terbang atau satelit-satelit yang dioperasikan secara terpisah, untuk tugas-tugas pengawasan maritim tambahan,” katanya.

ErabaruNews