Biksu Kepala Organisasi Buddhis Tiongkok Mengundurkan Diri Setelah Tuduhan Penyerangan Seksual

BEIJING — Salah satu biksu Buddhis dengan peringkat tertinggi Tiongkok mengundurkan diri sebagai presiden Asosiasi Buddhis Tiongkok yang disetujui Beijing pada 15 Agustus setelah penyelidikan pemerintah yang baru-baru ini mulai dilakukan menjadi tuduhan pelanggaran seksual.

Xue Cheng, 51 tahun, adalah kepala biara dari Biara Longquan Beijing dan mengepalai Asosiasi Buddhis, di mana rezim Tiongkok memantau kegiatan-kegiatan para praktisi Buddhis di negara komunis tersebut. Dia juga anggota dari Komite Tetap Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok, sebuah badan penasihat politik Partai Komunis Tiongkok (PKT).

Asosiasi Buddhis Tiongkok tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan di situs webnya bahwa mereka telah menerima pengajuan Xue Cheng untuk mengundurkan diri dari jabatan ketua dan jabatan lainnya pada 15 Agustus, tanpa merinci alasannya.

Administrasi urusan agama Tiongkok meluncurkan penyelidikan menyusul tuduhan yang dilontarkan terhadap kepala biara tersebut dalam dokumen 95 halaman yang disiapkan oleh Xian Jia dan Xian Qi, mantan pengawas di Biara Longquan.

Dalam dokumen tersebut, mereka mengklaim bahwa Xue secara seksual menyerang murid-murid perempuannya dan secara psikologis memanipulasi mereka, menyebabkan beberapa orang menjadi tidak stabil secara mental sebagai akibatnya. Termasuk percakapan teks antara Xue dengan murid-muridnya di WeChat, platform media sosial Tiongkok yang populer, sebagai bukti perilaku yang dianggap tidak pantas.

Pada 1 Agustus, Xue memposting pernyataan di akun Sina Weibo-nya, setara dengan Twitter di Tiongkok, menyangkal tuduhan-tuduhan tersebut.

Kesalahan Xue melampaui dugaan pelanggaran seksual. Dia diduga terlibat dalam skema korupsi ketika 12 juta yuan ($1,76 juta) dimunculkan oleh seorang biarawan kepala pada Juli 2015 yang telah hilang, menurut dokumen 95 halaman. Kemudian, pada Maret 2018, Kuil Puji, cabang yang berafiliasi dengan Biara Longquan, mentransfer 10 juta yuan ($1,64 juta) ke rekening pribadi Xue.

Xue juga terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia ketika dia mulai menulis artikel-artikel untuk menyerang kelompok spiritual Falun Gong, setelah ditunjuk menjadi direktur “Asosiasi Anti Kultus Tiongkok” yang didirikan oleh mantan pemimpin PKT, Jiang Zemin.

Falun Gong adalah latihan meditasi yang sangat populer di Tiongkok pada 1990-an, sebelum Jiang memerintahkan penganiayaan nasional terhadap para praktisinya pada Juli 1999. Jiang memobilisasi aparatus propaganda negara untuk menyebarkan pernyataan-pernyataan fitnah bahwa kelompok spiritual tersebut adalah sekte sesat.

Xue adalah salah satu pejabat paling terkemuka yang menemukan kejatuhannya sejak gerakan #MeToo mulai mendapatkan momentum di Tiongkok. (ran)

ErabaruNews