Rejim Tiongkok Membawa Kembali Propaganda Maois

Sejak periode reformasi ekonomi yang dimulai pada tahun 1970-an, Partai Komunis Tiongkok telah mengambil sikap ambigu terhadap warisan Mao Zedong, diktator yang menguasai Tiongkok antara tahun 1949 hingga 1976, dan yang peraturannya memuncak dalam Revolusi Kebudayaan yang traumatis dan destruktif.

Namun baru-baru ini, ketika PKT ingin memperkuat cengkeraman ideologisnya atas kader-kader dan masyarakat Tiongkok secara lebih umum, ia telah membawa beberapa sanggurdi propaganda dari era Mao Zedong seperti “delapan model opera” revolusioner, dan buku-buku teks sejarah telah direvisi untuk menggambarkan pemerintahannya dengan nada yang lebih positif.

Menurut laporan 13 September oleh Chinascope, pengguna internet Tiongkok menemukan bahwa edisi baru buku pelajaran sejarah Tiongkok kelas delapan yang diterbitkan oleh People’s Education Press yang dikontrol PKT, menghilangkan kata “dengan keliru” di dalam deskripsi tentang bagaimana Mao memulai kampanye politik paling lama dan terakhirnya, Revolusi Kebudayaan.

Selama Revolusi Kebudayaan, orang-orang dari semua lapisan masyarakat, termasuk anggota Partai, menjadi sasaran kritik yang melelahkan, penghinaan publik, dan kadang-kadang kekerasan yang mematikan. Kampanye tersebut juga menghancurkan budaya tradisional Tiongkok. Setelah kematian Mao, kemudian para pemimpin PKT mengkritik Revolusi Kebudayaan tersebut dan membalikkan beberapa kerusakan-kerusakannya.

Namun ketika edisi lama buku teks tersebut mengatakan bahwa Mao Zedong “secara keliru percaya bahwa ada revisionisme (kebijakan revisi atau modifikasi) di dalam Komite Sentral Partai” dan telah meluncurkan Revolusi Kebudayaan, di dalam edisi barunya menekankan bahaya kapitalisme dan menyoroti latar belakang ideologi komunis kampanye:

“Pada pertengahan 1960-an, Mao Zedong percaya bahwa partai dan negara sedang menghadapi bahaya restorasi (kembalinya) kapitalis. Untuk tujuan ini, dia menekankan ‘mengambil perjuangan kelas sebagai kunci’ dan mencoba untuk mencegahnya dengan meluncurkan ‘Revolusi Kebudayaan’. Pada musim panas 1966, ‘Revolusi Kebudayaan’ sedang dimainkan sepenuhnya,” teks edisi baru tersebut tertulis.

Ketika PKT tidak lagi mengikuti penafsiran Mao Zedong tentang komunisme, PKT masih memuja ideologi komunis dan Karl Marx. Para anggota partai dan pejabat rezim wajib membaca publikasi-publikasi Partai, menonton program-program televisinya, dan menelusuri situs-situs Partai, seperti yang ditunjukkan oleh “pengumuman mendesak” yang dikeluarkan untuk pejabat-pejabat lokal oleh otoritas PKT di Luodi, Provinsi Hunan, Radio Free Asia melaporkan 13 September.

Pada 11 September, China News Service yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa opera propaganda Tiongkok “Legenda Lentera Merah” akan dipertunjukkan pada 4 Oktober dan 5 Oktober di Nanjing, Tiongkok timur. Laporan tersebut berfokus pada fakta bahwa semua pemain dalam opera tersebut lahir pada tahun 1980-an dan 1990-an, dan bagaimana kinerja telah dapat mendidik generasi muda dalam sejarah PKT.

“The Legend of the Red Lantern” (Legenda Lentera Merah) adalah salah satu dari “delapan model opera” yang direncanakan oleh istri Mao, Jiang Qing. Selama Revolusi Kebudayaan, mereka adalah satu-satunya bentuk seni pertunjukan yang diterima di seluruh Tiongkok. Ditetapkan selama pendudukan Jepang, “Legend of the Red Lantern” menekankan kisah tentang beberapa gerilyawan komunis yang terbunuh demi perjuangan revolusioner. (ran)