Kekhawatiran Taiwan tentang Wabah Flu Babi Afrika di Tiongkok

BEIJING / TAIPEI — Seekor babi mati ditemukan di pantai Taiwan yang membuat Taipei mengklaim Beijing tidak membagikan informasi akurat tentang flu babi Afrika. Beberapa hari setelah insiden tersebut, Beijing memperingatkan industri daging babi di negaranya bahwa menutupi kasus-kasus penyakit itu adalah kejahatan.

Biro urusan peternakan dan penyakit hewan Tiongkok sedang meningkatkan investigasi dan hukuman atas aktivitas ilegal di industri babi, kata pernyataan yang dipublikasikan di situs web Kementerian Pertanian dan Pedesaan pada 4 Januari.

Gagal melaporkan kematian dan secara pribadi menyembelih dan menjual babi yang sakit atau mati akan dilakukan berdasarkan hukum pidana, katanya, dan kompensasi 1.200 yuan ($175) untuk setiap babi yang dimusnahkan adalah insentif yang cukup bagi petani untuk melaporkan penyakit tersebut.

Dalam epidemi penyakit terburuk yang pernah ditemui, Tiongkok telah mengkonfirmasi sekitar 100 kasus flu babi Afrika di 23 provinsi sejak Agustus tahun lalu. Penyakit ini, yang tidak ada obatnya maupun vaksinnya, mematikan bagi babi tetapi tidak membahayakan manusia.

Namun banyak ahli percaya itu bahkan lebih buruk daripada yang telah dilaporkan, dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mendesak Beijing bulan lalu untuk “tidak menyembunyikan” informasi tentang penyakit tersebut.

Tsai mengangkat masalah ini lagi dalam pidato Tahun Baru setelah seekor babi mati ditemukan di sebuah pantai di pulau Kinmen Taiwan, setengah jam naik feri dari pantai timur Tiongkok. Babi tersebut sejak saat itu telah dipastikan mengidap virus flu babi Afrika, sementara babi mati lainnya ditemukan di pulau terdekat pada hari Jumat, kantor berita resmi Taiwan melaporkan.

“Selama upaya-upaya yang kita lakukan baru-baru ini untuk mencegah epidemi flu babi Afrika, pemerintah Tiongkok tidak pernah mengikuti perjanjian yang relevan dan tidak memberi Taiwan laporan akurat dan real-time tentang situasi epidemi tersebut,” katanya.

Kementerian Pertanian dan Pedesaan tidak segera menanggapi faks yang meminta komentar pada hari Jumat.

Hewan-hewan mati yang ditemukan di pulau-pulau Taiwan tersebut telah memicu kekhawatiran bahwa babi Taiwan akan segera terinfeksi penyakit tersebut.

Kawanan ternak yang terdiri atas 5,39 juta babi di Taiwan sangat kecil dibandingkan dengan 700 juta babi di Tiongkok, namun daging babi adalah daging yang paling populer di kedua tempat tersebut dan produksi dalam negeri di Taiwan mengurangi kebutuhannya untuk impor daging pokok. (ran)

Tonton yang berikut:

Flu Babi Afrika Mewabah di Tiongkok, Peternak Merana

https://www.youtube.com/watch?v=7wqLq_pJ51k