Robert Lighthizer, Steve Mnuchin dan Liu He Berbicara untuk Membahas Perjanjian Perdagangan

Foto pada 10 Mei 2019 ini menunjukkan Liu He yang berada di Washington sedang berpamit kepada Robert Lighthizer dan Steve Mnuchin. (Chip Somodevilla / Getty Images)

Epochtimes, oleh Xu Zhengqi- Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat dalam sebuah pernyataannya pada Senin  24 Agustus 2020 menyebutkan bahwa, AS-Tiongkok membahas langkah-langkah yang diambil oleh pihak Tiongkok untuk menerapkan reformasi struktural yang diwajibkan oleh perjanjian perdagangan. Sejumlah reformasi ini, akan memastikan bahwa upaya pihak Tiongkok dalam memperkuat perlindungan hak kekayaan intelektual terhadap perusahaan AS di Tiongkok dan menghilangkan hambatan di bidang jasa keuangan dan pertanian. Bahkan, menghapus kewajiban untuk mentransfer teknologi.

Pernyataan juga menyebutkan soal pembahasan atas pembelian dalam jumlah besar produk AS oleh pihak Tiongkok. Termasuk, tindakan yang diperlukan untuk mengimplementasikan perjanjian ini di masa depan.

Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat menyatakan bahwa, Amerika Serikat dan komunis Tiongkok sama-sama telah melihat adanya kemajuan dan berkomitmen untuk mengambil langkah yang diperlukan dalam memastikan keberhasilan dari perjanjian tersebut.

Kementerian Perdagangan Tiongkok dalam sebuah pernyataannya juga membenarkan, bahwa kedua negara telah melangsungkan sebuah dialog yang konstruktif. Kedua negara juga setuju untuk terus mendorong agar perjanjian tahap pertama dapat sepenuhnya terimplementasi.

Trump : Pihak komunis Tiongkok membeli Jagung dan kedelai AS dalam jumlah besar

Konferensi jarak jauh semula dijadwalkan pada 15 Agustus, sebagai peringatan enam bulan peluncuran perjanjian perdagangan tahap pertama ini sekaligus untuk menilai implementasi perjanjian perdagangan. Presiden Trump mengatakan pada pekan lalu, bahwa karena komunis Tiongkok menyembunyikan masalah penyebaran virus yang menimbulkan epidemi pneumonia komunis Tiongkok menyebar ke seluruh dunia. Ia kemudian meminta dialog dengan pihak komunis Tiongkok itu tidak dilakukan.

Trump berkata : “Saya sekarang tidak ingin berurusan dengan mereka (Tiongkok)”.

Trump dalam kegiatan ‘Farmers to Families Food Box’ yang diadakan di Carolina Utara pada hari Senin juga menyinggung mengenai perjanjian perdagangan AS – Tiongkok dan isu pembelian produk pertanian AS oleh pihak Tiongkok.

Ia mengatakan : “Kita baru saja menandatangani perjanjian perdagangan yang luar biasa dengan Tiongkok. Sesungguhnya, Sonny Perdue (Menteri Pertanian AS) memberitahu saya minggu lalu bahwa, ini adalah pesanan pembelian jagung terbesar dalam sejarah negara kita, (dan) pesanan pembelian kedelai terbesar dalam sejarah”.

Trump kemudian berkata : “Tetapi tahukah Anda, perasaan saya sekarang sudah tidak sama, karena kita terkena infeksi virus komunis Tiongkok (COVID-19), bahkan di saat tinta pada perjanjian perdagangan belum sepenuhnya kering. Tentu saja sikap saya terhadap (perjanjian perdagangan) ini sekarang sudah sangat berbeda”.

Menurut data resmi, pembelian produk AS oleh komunis Tiongkok jauh lebih kecil daripada jumlah yang disyaratkan oleh perjanjian perdagangan tahap pertama, tetapi dalam beberapa pekan terakhir komunis Tiongkok berusaha mempercepat pembelian produk pertaniannya.

Trump : Tidak mengizinkan komunis Tiongkok melakukan pembalasan terhadap petani AS

Trump juga menyinggung soal Komunis Tiongkok telah melakukan pembalasan terhadap petani Amerika Serikat, termasuk petani di North Carolina, Iowa, Nebraska, dan tempat-tempat lain. Ia mengatakan : “Kalian (komunis Tiongkok) menargetkan petani kita. Jangan kalian melakukan hal itu”.

Trump kemudian mengatakan bahwa oleh karena itu, ia memberlakukan tarif tinggi terhadap komoditas impor dari Tiongkok dan memperoleh dana puluhan miliar dolar dari Tiongkok. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya, ketika AS berhubungan dengan Tiongkok. Trump juga mengatakan bahwa petani Amerika Serikat telah bertindak sangat baik, ia tak pernah mendengar keluhan dari para petani AS.

Trump mengatakan, AS akan menerima sekitar USD. 28 miliar pajak atas impor komoditas dari Tiongkok yang akan digunakan sebagai subsidi kepada petani AS.

Sebelum pandemi virus komunis Tiongkok, kata Trump bahwa komunis Tiongkok telah mengalami tahun terburuk tahun lalu. Selain itu, berada dalam tahun ekonomi terburuk selama 67 tahun terakhir. Trump mengatakan bahwa meskipun dirinya tak ingin rakyat Tiongkok hidup dalam kesulitan, tetapi selama 25 atau 30 tahun terakhir, komunis Tiongkok terus menjarah kekayaan Amerika Serikat.

Pada hari Minggu, 23 Agustus 2020, Trump dalam wawancara khusus dengan Fox News mengatakan bahwa perjanjian perdagangan bagi saya sudah beda dulu dengan sekarang. Ia bahkan menyinggung soal kemungkinan dipisahkannya hubungan ekonomi secara total antara AS dengan komunis Tiongkok.

Trump menegaskan bahwa : “Jika mereka (komunis Tiongkok) memperlakukan kita dengan cara yang tidak benar, saya pasti akan melakukan (pemisahan)”.  (Sin/asr)

Video Rekomendasi