fbpx
Thursday, December 9, 2021
HomeNEWSINTERNATIONALGletser Himalaya Runtuh di India, 10 Orang Tewas dan 384 Orang Berhasil...

Gletser Himalaya Runtuh di India, 10 Orang Tewas dan 384 Orang Berhasil Diselamatkan

Fu Yuanxi 

Gletser Himalaya runtuh  pada  (23/4/2021) sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Longsoran terjadi 4 kilometer di depan jalan raya Sumna-Rimkhim di daerah Chamoli, provinsi Uttarakhand. Lokasinya dekat dengan perbatasan Tiongkok-India.

Ketika longsoran salju terjadi, terdapat dua kamp pekerja terdekat yang didirikan oleh detasemen Organisasi Jalan Perbatasan (BRO)adalah yang pertama terkena dampak.  Kamp lainnya dalah Pasukan Insinyur Cadangan Umum (GREF). 

Barak Angkatan Darat India berjarak sekitar 3 kilometer dari Sumna. Pada malam itu, tentara segera memberangkatkan tim penyelamatan untuk melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.

Namun demikian, longsoran salju memblokir banyak jalan, dan cuaca buruk membuat proses penyelamatan berjalan lambat. 

Pada 24 April 2021, sebanyak 10 jenazah telah ditemukan dan 384 orang berhasil diselamatkan. Di mana 6 di antaranya terluka parah dan telah dikirim ke rumah sakit untuk perawatan.

Sebelumnya, kantor kepolisian Chamoli dalam cuitannya menyebutkan, 384 dari 430 pekerja yang membangun jalan di lokasi kecelakaan longsor berhasil diselamatkan. Kini, operasi pencarian dan penyelamatan masih terus dilaksanakan.

Angkatan Darat India mengatakan, daerah tersebut telah mengalami longsoran akibat turun hujan dan  salju selama lima hari terakhir. Saat ini hujan masih turun hingga membuat operasi pencarian dan penyelamatan semakin sulit.

Sehari sebelum longsoran salju, gletser di dekatnya pecah. Tetapi ahli geologi menunjukkan, longsoran salju itu bukan disebabkan oleh pecahnya gletser.

MPS Bisht, Direktur Pusat Penerapan Luar Angkasa Uttarakhand mengatakan, menurut laporan awal dari Pusat Penelitian Aplikasi Luar Angkasa, longsoran salju tersebut disebabkan oleh salju tebal dalam beberapa hari terakhir. (hui)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular