Sunday, December 5, 2021
HomeSTORYCERITA INSPIRASIDemi Menyelamatkan Nyawa Orang, Sopir di India Memodifikasi Bajajnya Menjadi Ambulans untuk...

Demi Menyelamatkan Nyawa Orang, Sopir di India Memodifikasi Bajajnya Menjadi Ambulans untuk Mengantar Pasien

Erabaru.net. Kasus virus corona di India bak tsunami dan sistem medis berada di ambang kehancuran. Ketika sopir bajaj, Mohammad Javed Khan melihat orang-orang tidak mampu membayar biaya ambulans untuk membawa anggota keluarga yang sakit untuk perawatan medis, dia mengubah bajajnya yang dia lengkapi dengan tabung oksigen untuk mengangkut pasien.

Javid, 34 tahun, yang tinggal di Bhopal, Madhya Pradesh, India, mengatakan kepada AFP: “Pasien yang sakit parah tidak dapat diantar ke dokter tanpa peralatan oksigen. Jadi saya berpikir, mengapa tidak mengubah bajaj itu menjadi ambulans ? Ini tidak seluas ambulans asli, tapi tetap bisa bermanfaat dan menyelamatkan nyawa orang. “

Setelah menjual perhiasan istrinya, dia mengubah bajajnya menjadi ambulans kecil. Dua orang dermawan menyumbangkan tabung oksigen dan oksimeter darah untuk Javid.

Seorang dokter mengajarinya cara menggunakan alat-alat itu sehingga dia bisa membawa pasien ke dokter dan menggunakan oksigen dengan aman.

“Saya melihat anak-anak muda berjuang untuk bertahan hidup tanpa oksigen, meskipun mereka memanggil ambulans, tetapi harga yang diminta setinggi 5.000 hingga 10.000 rupee ( sekitar Rp 1juta-2juta), bagaimana orang miskin mampu membayarnya? Belum lagi selama epidemi ini, kebanyakan orang tidak memiliki pendapatan sama sekali, ” katanya.

“Ada banyak orang yang menyumbang kepada saya, saya berharap saya dapat terus mengabdi sampai epidemi ini berakhir. saya juga tidak akan bisa melakukan ini jika bukan karena orang-orang yang juga telah ikut membantu saya. “

Javid sempat dituduh oleh polisi bahwa dia terus mengemudikan bajajnya tanpa izin darurat selama penguncian di Provinsi Madeja. Namun, Polisi membatalkan dakwaan dan mengirimkan laporan setelah insiden itu menimbulkan kemarahan publik.

Seperti tempat lain di India, jumlah orang yang terinfeksi telah melonjak dalam beberapa minggu terakhir, mengakibatkan kurangnya oksigen dan persediaan medis penting lainnya, dan krematorium serta tempat kuburan juga menjadi semakin sulit untuk menampung jenazah.

Ketika epidemi melonjak dan sistem medis di ambang kehancuran, kami berharap semakin banyak orang seperti Javid yang maju untuk mencoba membantu masyarakat yang membutuhkan. (lidya/yn)

Sumber: ntdtv

Video Rekomendasi:

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments