Tuesday, November 30, 2021
No menu items!
HomeSERBA SERBIBurung Pintar Memburu Ikan dengan Mengubah Diri Menjadi Payung

Burung Pintar Memburu Ikan dengan Mengubah Diri Menjadi Payung

Erabaru.net. Burung kutul hitam, spesies bangau dari Afrika ini memiliki teknik berburu yang sangat unik – mereka menggunakan sayapnya menyerupai payung, yang tidak hanya dapat mengurangi silau, tetapi juga memancing ikan ke dalam rasa aman yang palsu.

Mendapat julukan “Canopy Feeding”, teknik berburu yang digunakan oleh bangau hitam harus menjadi salah satu yang paling licik yang diamati di alam liar.

Kuntul hitam akan berjalan pelan-pelan melalui air dangkal dan kemudian melebarkan sayapnya ke sekeliling tubuhnya, untuk membuat semacam payung yang menghalangi cahaya.

Meskipun tidak begitu jelas mengapa bangau Afrika ini menggunakan teknik khusus ini, para ilmuwan berhipotesis bahwa teknik ini memiliki beberapa keuntungan, seperti mengurangi silau dan menarik ikan ke dalam perangkap.

Salah satu teori yang diterima secara umum adalah bahwa ikan kecil akan mencari tempat untuk bersembunyi dari predator seperti bangau Afrika, mereka tertarik pada keteduhan yang diciptakan oleh sayap bangau, jadi mereka secara teknis akan bergegas menuju kematiannya.

Dan karena keteduhan tersebut memberi burung pandangan yang lebih baik saat hendak memangsa korbannya, ia dapat dengan mudah mengambil dari air dengan paruhnya yang panjang.

“Itu semua adalah bagian dari taktik berburu bangau yang menghabiskan banyak waktu untuk mencari mangsa yang lebih kecil tepat di bawah permukaan,” kata Bill Shields, seorang profesor emeritus di SUNY College of Environmental Science and Forestry, kepada Audubon.

Menariknya, bangau Afrika memiliki kaki kuning cerah, yang mungkin pernah digunakan untuk mengganggu dan mengalihkan perhatian targetnya, seperti jenis bangau lainnya. Teknik ini terbukti efisien, sehingga burung tersebut berevolusi untuk mengandalkan cara ini secara eksklusif.

“Bisa juga dikatakan bahwa daya pikat bayangan dan kaki yang cerah sekarang bekerja bersama-sama untuk menarik ikan ke dalam jangkauan untuk dimakan,” kata Evans.

Bangau hitam jelas merupakan salah satu predator paling licik di dunia binatang. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments