fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeBERITA TIONGKOKMuncul Penyakit Aneh Lainnya Lagi di Tiongkok, Kematian Pertama Manusia yang Terinfeksi...

Muncul Penyakit Aneh Lainnya Lagi di Tiongkok, Kematian Pertama Manusia yang Terinfeksi Virus Monyet B

Epochtimes.com

Laporan “Health Times” menyebutkan “Chinese Center for Disease Control and Prevention Weekly atau pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (CCDC) melaporkan kasus infeksi virus monyet B pada (16/7/2021).  

Disebutkan, seorang dokter hewan laki-laki berusia 53 tahun ini bekerja di sebuah perusahaan Beijing yang mengkhususkan diri pada primata non-manusia untuk reproduksi dan penelitian eksperimental.

Pada 4 dan 6 Maret tahun ini, ia membedah dua ekor kera yang mati, sebulan kemudian ia mengalami mual dan muntah, diikuti dengan demam dan gejala neurologis. Dia dirawat di beberapa rumah sakit dan meninggal dunia pada 27 Mei.

Pada 17 April, peneliti mengumpulkan cairan serebrospinal pasien. Dari 285 pembacaan yang diperoleh oleh next-generation sequencing (NGS) menunjukkan bahwa mungkin ada infeksi virus herpes alfa dalam cairan serebrospinal pasien. 

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, diambil beberapa sampel dari pasien dan 2 kontak erat yakni seorang dokter, berusia 47 tahun, laki-laki dan seorang perawat wanita  berusia 25 tahun.

Hasil test Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR)  menunjukkan bahwa hanya pada sampel cairan serebrospinal pasien, tes genom BV positif (siklus ambang: 34), sedangkan pada spesimen pasien lain dan semua kontak dekat, BV negatif. 

Selain itu, semua tes untuk virus VZV, virus monkeypox dan virus orthopox negatif. Hasil ini mengkonfirmasi kasus pertama infeksi BV pada manusia di daratan Tiongkok.

Menurut laporan tersebut, virus monyet B pertama kali diisolasi pada tahun 1932 dan merupakan virus herpes alfa endemik pada monyet rhesus, biasanya menyebar secara horizontal melalui kontak langsung dan pertukaran cairan tubuh.

Laporan itu akhirnya menyebutkan bahwa penemuan kasus pertama itu,  berarti bahwa virus herpes B pada monyet dapat menimbulkan ancaman zoonosis potensial bagi pekerja profesional, seperti dokter hewan primata, pekerja perawatan hewan, dan peneliti laboratorium.

Penyakit virus B atau B virus disease, BV – juga dikenal sebagai virus herpes simiae tipe I, yang dinamai setelah menginfeksi monyet. Orang yang digigit atau dicakar monyet yang terinfeksi BV dapat menyebabkan kerusakan kulit, limfadenitis, sindrom mirip flu, dan bahkan ensefalitis toksik.  (hui)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular