fbpx
Wednesday, December 8, 2021
HomeSERBA SERBIDua Hewan yang Tidak Mungkin Menjadi Teman Ini Terlihat Sedang Berpelukan Mesra...

Dua Hewan yang Tidak Mungkin Menjadi Teman Ini Terlihat Sedang Berpelukan Mesra di Alam Liar

Erabaru.net. Zaheer Ali sedang berkendara di sekitar semak Afrika Selatan ketika dia menemukan seekor badak sedang mengunyah rumput.

Terlihat seekor burung pelatuk kecil bertengger di kepala badak, dan meskipun Ali telah menyiapkan kameranya, dia tidak melihat sesuatu yang bagus untuk difoto. Tapi dalam beberapa menit, itu semua berubah.

Burung paruh merah sering terlihat menumpang di punggung dan kepala badak hitam. Burung-burung memakan kutu dan larva lalat di kulit keras badak, membersihkan parasit yang tidak diinginkan yang ada pada hewan besar. Badak memberi burung banyak makanan dan tempat yang aman untuk hidup — tetapi hubungan mereka bahkan lebih dalam.

Nama Swahili untuk burung pelatuk paruh merah adalah “Askari wa kifaru”, yang diterjemahkan menjadi “penjaga badak”. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa meskipun burung-burung itu hanya berukuran 20 cm, mereka membantu menjaga teman-teman besar mereka tetap aman.

Para ilmuwan melaporkan di Current Biology bahwa burung pelatuk melengkapi penglihatan buruk badak dengan memperingatkan mereka akan bahaya. Para ilmuwan menemukan bahwa ketika burung oxpecker mendeteksi manusia mendekat, mereka membuat panggilan peringatan tajam atau mendesis, dan badak pun segera tahu dan menjadi lebih waspada.

Ini membantu spesies yang terancam punah menghindari pemburu liar, yang memburu hewan untuk diambil culanya yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Tapi Ali melihat sesuatu yang lain ketika dia melihat pasangan oxpecker dan badak hari itu.

“Saya menyaksikan burung kecil ini menajamkan paruhnya dengan mengasahnya di cula badak dan itu adalah sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya,” kata Ali dalam postingan di blog Zali Safari. “Saya mengambil kamera saya dan menunggu saat yang tepat dan mengambil bidikan saat burung itu berbaring di cula badak.”

Burung itu tampak bersandar untuk meringkuk di badak, kedua hewan itu benar-benar santai dan bahagia di hadapan satu sama lain. Secara kebetulan, Ali telah menangkap gambar yang secara sempurna melambangkan hubungan simbiosis yang dimiliki oleh dua sahabat yang tidak biasa itu. (lidya/yn)

Sumber: The Dodo

Video Rekomendasi:

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular