fbpx
Wednesday, December 8, 2021
HomeBERITA TIONGKOKPintu Air Bendungan Dibuka Tanpa Peringatan Awal, Sejumlah Wilayah di Sichuan, Tiongkok...

Pintu Air Bendungan Dibuka Tanpa Peringatan Awal, Sejumlah Wilayah di Sichuan, Tiongkok Banjir dan Menderita Kerugian Besar

oleh Xiong Bin dan Huang Yuning

Hujan lebat terjadi di banyak wilayah di Provinsi Sichuan, Tiongkok pada 7-8 Agustus. Menurut warga bahwa sejumlah daerah di lingkungan Kota Dazhou, Sichuan mengalami banjir paling parah akibat pihak berwenang membuka pintu air bendungan pada tengah malam dengan tanpa peringatan lebih awal, sehingga banyak warga tidak sempat menyelamatkan diri dan harta mereka, barang dagangan hancur, terhanyut dan beberapa orang terseret air bah

Kabarnya hujan badai lebat turun di banyak wilayah di Provinsi Sichuan, tetapi Kabupaten Qu, Kabupaten Dazhu, Dazhou mengalami bencana paling parah. 

Video online menunjukkan air bah datangnya menggulung-gulung dan menyebabkan beberapa warga yang berjalan terseret. Ada warga dalam banjir yang berjuang untuk menyelamatkan diri, bagian lantai bawah dari toko-toko kemasukan air yang cukup tinggi. 

Derasnya air banjir di Kabupaten Qu lebih mengkhawatirkan, sehingga ada warga yang nyaris hanyut. Beruntung ia dapat diselamatkan orang. Banyak kendaraan terendam air.

Seorang korban banjir Dazhou mengungkapkan bahwa, pintu air dari beberapa bendungan telah dibuka pihak berwenang dengan tanpa peringatan awal, sehingga banjir melanda puluhan kabupaten. Dimana setidaknya 1 juta orang warga menjadi korban. 

Beberapa orang hanyut diseret air, belum tahu bagaimana nasib mereka, tetapi liputan media domestik cenderung meremehkan.

Mr. Yang, seorang pemilik toko di Kota Sanban, Kabupaten Qu mengatakan : “Hujan deras, bendungan melepas air pada tengah malam, banjir terjadi di mana-mana. orang-orang sedang tidur sehingga tidak sempat menyelamatkan diri dan harta. Kerugian berat, dan rumah-rumah terendam setinggi lebih dari 2 meter, terlalu banyak yang hanyut, termasuk ratusan toko, sudah tidak ada yang tersisa. Sekarang air sudah mulai surut, sejumlah jalan terputus, dan pasokan  listrik dan air bersih semua terhenti”.

Pada 8 Agustus, genangan air cukup tinggi terjadi di sepanjang jalan Qingshui, Miaoba dan lainnya sehingga tidak dapat dilalui semua kendaraan.

Seorang pemilik toko di Kabupaten Dazhu mengatakan : “Ada bendungan di sini yang melepas air dengan tanpa pemberitahuan. Kondisi banjir di Yuehua, Miaoba, Qingshui dan sekitarnya paling parah. Karena airnya sangat besar dan deras sehingga beberapa rumah ambruk. Hari ini sudah surut karena hujan sudah berhenti”.

Menurut laporan media daratan, hujan lebat terjadi di bagian timur dan selatan Provinsi Sichuan dari tanggal 7 hingga 8 Agustus. Tercatat hingga 8 Agustus pukul 1 siang, sekitar 121.600 orang warga Luzhou, Mianyang, Nanchong, Dazhou, Bazhong, dan Ganzi telah terkena dampak dari pembukaan pintu air bendungan tanpa peringatan awal. Pada 8 Agustus, beberapa perjalanan kereta api dan penerbangan di Dazhou terpaksa dibatalkan karena cuaca buruk. (sin)

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular