Tuesday, November 30, 2021
No menu items!
HomeSERBA SERBIKolam Lapangan Golf di Australia Ini Adalah Rumah bagi Hiu Banteng yang...

Kolam Lapangan Golf di Australia Ini Adalah Rumah bagi Hiu Banteng yang Agresif

Erabaru.net. Anda mungkin pernah mendengar tentang kolam lapangan golf yang dipenuhi buaya sebelumnya, tetapi satu lapangan golf unik di Australia ini adalah rumah bagi ancaman yang lebih besar yang membuat “water hazard golf” benar-benar berbahaya yaitu hiu.

Tee ke-14 di Carbrook Golf Club di Brisbane cukup sulit dilakukan, karena lokasi tersebut dekat dengan laguna seluas 21 hektar, sedalam 14 meter yang kebetulan menjadi rumah bagi selusin hiu banteng dewasa. Mereka sudah ada sejak akhir 1990-an, dan meskipun spesies ini terkenal karena agresivitasnya, terutama terhadap manusia, hiu banteng Carbrook telah menjadi daya tarik wisata. Klub ini bahkan memiliki turnamen bulanan yang dinamai sesuai dengan penghuninya yang tidak biasa, Shark Lake Challenge.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana hiu banteng berakhir di Klub Golf Carbrook, tetapi teori yang paling populer adalah bahwa mereka tiba selama banjir Brisbane pada akhir 1990-an. Saat air surut, diyakini bahwa enam hiu terperangkap di dalam jalur, tetapi mereka berhasil berkembang dan bereproduksi. Saat ini, tampaknya ada selusin hiu yang hidup di dalam danau.

Tapi bukankah hiu biasanya hidup di air asin? Yah, tidak seperti kebanyakan spesies hiu lainnya, hiu banteng dapat bertahan hidup di air tawar untuk jangka waktu yang lama dan ditemukan telah melakukan perjalanan lebih dari 1.000 kilometer ke sungai seperti Amazon atau Mississippi. Mereka tidak sepenuhnya hiu air tawar, pada kenyataannya, mereka lebih suka garis pantai laut, tetapi mereka bertahan hidup di air tawar dengan baik.

“Saat saya masih anak-anak, saya biasa pergi dengan teman-teman saya dan kami biasa pergi mencari bola di lapangan golf, tetapi itu tidak terjadi lagi,” kata manajer umum Lapangan Golf Carbrook, Scott Wagstaff, kepada Brisbane Times pada tahun 2015. “Bola masuk ke danau hiu, akan ada cukup banyak bola di danau itu karena tidak ada yang pernah ke sana dalam 15 tahun.”

Carbrook adalah satu-satunya lapangan golf di dunia dengan hiu, dan merupakan daya tarik besar bagi anggota dan pengunjung. Beberapa hiu memiliki panjang sekitar 3 meter, dan meskipun pertemuan antara manusia dan hiu banteng di air tawar jarang terjadi, ada tanda-tanda yang memperingatkan orang-orang bahwa laguna itu adalah rumah bagi hiu paling agresif di dunia.

“Sulit untuk menjelaskan perasaan ketika melihat hiu delapan kaki berenang melewati Anda di tepi danau saat bermain golf, itu cukup keren untuk dilihat,” kata Wagstaff. “Mereka adalah hewan yang indah untuk dilihat dari dekat, saya telah menjadi sedikit pengagum selama saya di sini, mereka memiliki reputasi sebagai hewan yang agresif dan berbahaya, dan itu mungkin benar, tetapi apa yang saya lihat dari mereka adalah bahwa mereka sangat anggun, jauh dari agresif.”

Meskipun memiliki beberapa water hazard yang menakutkan, Carbrook bukanlah lapangan golf paling berbahaya di dunia. Gelar itu berlaku untuk lapangan golf Camp Bonifas di Korea Selatan. (lidya/yn)

Video Rekomendasi:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments