fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeSTORYCERITA INSPIRASISeorang Pria Berusia 24 Tahun Membuat Mobil dari Sampah, yang Membantu Penyandang...

Seorang Pria Berusia 24 Tahun Membuat Mobil dari Sampah, yang Membantu Penyandang Cacat Dapat Bergerak

Erabaru.net. Pemuda yang memiliki inisiatif yang luar biasa ini membangun mobil menggunakan sampah yang dapat bergerak dengan energi Matahari.

Emmanuel Alieu Mansaray adalah seorang mahasiswa dari Sierra Leone, yang merancang mobil yang terbuat dari sampah yang dia kumpulkan sendiri.

Selama tiga tahun, Emmanuel bekerja keras untuk menjalankan proyeknya dan membangun mobil yang bisa melaju dengan kecepatan 15 kilometer per jam.

Di atas mobil ada panel surya dan memiliki mesin yang dikembangkan oleh Emmanuel sendiri sehingga mobil tersebut dapat bergerak maju dan mundur. Dia menggunakan warna khas negaranya, Sierra Leone, hijau, putih dan biru, untuk menunjukkan kecintaannya pada negaranya melalui karyanya.

Di Sierra Leone, polusi adalah masalah yang sangat mengkhawatirkan, ini adalah negara ke-17 yang paling rentan di dunia dari segi polusi udara. Jadi itu adalah prioritas untuk memiliki inisiatif seperti ini.

Sangat penting untuk warga negara itu memiliki sarana transportasi ekologis yang berdampak rendah terhadap lingkungan.

Sebagian besar penduduk negara Afrika ini hidup dalam kondisi genting terutama di daerah pedesaan, mereka tidak memiliki akses ke layanan publik dan mereka menggunakan arang atau kayu untuk memasak.

Praktik ini meningkatkan jumlah karbon dioksida di lingkungan yang menyebabkan masalah kesehatan pada warga karena tingginya tingkat polusi udara.

Mobil ciptaan Emmanuel yang diberi nama “Imagination Car” ini merupakan solusi dari permasalahan yang melanda negara tersebut.

“Memiliki mobil surya ‘Imagination Car’ menggunakan energi matahari untuk berfungsi, yang akan membuat atmosfer lebih bersih, sehingga mengurangi risiko emisi gas berbahaya yang dapat berdampak kepada ribuan orang di seluruh dunia,” kata Emmanuel dalam sebuah wawancara untuk sebuah outlet media lokal.

Ia juga menjelaskan keunggulan mobil ini bagi penyandang disabilitas yang kesulitan bergerak.

“Beberapa penyandang disabilitas memiliki mobil yang tidak bisa mereka kendarai kecuali ada orang yang mengemudikannya, karena kaki mereka tidak mencapai kopling , rem, dan pedal gas, yang mana merupakan sebuah tantangan yang sulit,” kata Emmanuel.

“Imagination Car” memiliki semua fungsi yang terpasang di kemudi, termasuk kopling, rem, dan akselerator.

Hampir semuanya dapat dikendalikan dari kemudi, sehingga siapapun penyandang disabilitas dapat mengendarai mobil ini.

Emmanuel menunjukkan bahwa sampah dalam banyak hal bisa menjadi sangat berharga.

Pemuda itu menggambarkan dirinya sebagai penemu otodidak, dia bersemangat untuk menciptakan dan berinovasi dengan menawarkan solusi untuk masalah yang paling mempengaruhi masyarakat.

Dia bersekolah di Fourah Bay College, di University of Sierra Leone, dan sedang mengejar gelar di bidang geologi, dan memiliki tujuan agar mobil yang dia ciptakan diluncurkan ke pasar.

Impiannya adalah bahwa “Imagination Car” dapat meningkatkan kualitas hidup banyak orang tidak hanya di negaranya tetapi di negara lainnya. Hal ini diyakini juga dapat meningkatkan ekonomi negara Sierra Leone dengan menciptakan lapangan kerja bagi warga negara dan meningkatkan tingkat polusi.

Sangat mengagumkan bahwa seorang mahasiswa muda telah berinisiatif bekerja selama 3 tahun untuk menciptakan mobil yang menawarkan alternatif ekologis, dengan manfaat bagi lingkungan, selain itu, pilihan berkelanjutan untuk bepergian yang mengurangi polusi dan, pilihan ekonomi bagi orang-orang paling rentan.

“Imajinasi Car” adalah penemuan yang sangat sukses yang layak untuk direplikasi sehingga semua warga negara memiliki akses ke kemungkinan memiliki mobil mereka sendiri. Emmanuel ingin terus menciptakan solusi yang, selain mengubah kehidupan, juga menjaga planet kita. (lidya/yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular