Monday, December 6, 2021
HomeSTORYCERITA INSPIRASISeorang Guru dengan Sengaja Membuat Kesalahan di Depan Murid-muridnya untuk Memberi Mereka...

Seorang Guru dengan Sengaja Membuat Kesalahan di Depan Murid-muridnya untuk Memberi Mereka Pelajaran Berharga

Erabaru.net. Guru meninggalkan jejak penting dalam hidup kita, sejak awal pelatihan akademis kita, mereka menjadi salah satu sumber utama pembelajaran dan memberikan kita pengetahuan dan persahabatan mereka.

Para guru yang berkomitmen pada panggilan mereka melakukan pekerjaan yang melampaui ajaran mata pelajaran mereka dan memastikan bahwa melalui teladan mereka, siswa mereka akan siap menjalani kehidupan selanjutnya. Salah satu contohnya adalah, seperti guru ini yang ingin memberikan pelajaran berharga kepada murid-muridnya.

Selama pelajaran matematika, guru ini sengaja membuat kesalahan yang menyebabkan semua siswa di kelas menertawakannya.

Semuanya dimulai ketika dia menulis tabel perkalian untuk angka 9 dan pada akhirnya dia “salah” dengan menulis bahwa hasil 10 × 9 adalah 91 bukannya 90, yang mana merupakan hal yang benar untuk dilakukan.

Awalnya sangat sedikit yang menyadari adanya kesalahan pada tabel nomor 9, namun yang memperhatikannya langsung protes dan semakin banyak siswa yang mengetahui apa yang terjadi.

Kesalahan dalam hasil itu menimbulkan tawa semua orang, mereka semua menertawakannya karena salah.

Ketika guru melihat reaksi siswa, dia menyela kelas, memandang mereka dengan sangat serius dan mengakui bahwa dia telah melakukan kesalahan dengan sengaja.

“Saya membuat kesalahan ini dengan sengaja untuk membuktikan sesuatu pada kalian. Saya mendapatkan 9 perhitungan yang benar dan hanya membuat satu kesalahan. Alih-alih memberi selamat kepada saya karena menyelesaikan sembilan dari sepuluh soal, kalian malah menertawakan saya untuk satu-satunya kesalahan yang saya buat,” kata guru itu.

Setelah siswa mendengar niatnya yang sebenarnya dengan secara menulis hasil yang salah, mereka menjadi kecewa.

Dia mengajak mereka untuk merenungkan pentingnya bersikap baik, empati, dan menghargai upaya orang lain. Tapi juga, tetap menjaga sikap positif dalam menghadapi kesulitan.

Selain itu, ini juga dapat mengajarkan kita untuk tidak keras pada diri sendiri, untuk menikmati proses pencapaian tujuan kita dengan memuji dan mengakui upaya yang kita lakukan di setiap langkah.

Dia menekankan bahwa sangat disayangkan bahwa dalam masyarakat kita, seolah-olah adalah normal untuk menyakiti orang lain hanya karena mereka salah.

Meskipun identitas guru yang membintangi pelajaran ini tidak diketahui, sejak dipublikasikan di jaringan dia telah menerima banyak komentar positif dan kekaguman karena mencari strategi pengajaran yang efektif dan emosional.

Melalui apa yang dilakukan guru ini, kita dapat belajar bahwa penting untuk mengakui keberhasilan orang lain dan tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga dalam keluarga, pekerjaan, dan semua hubungan pribadi.

Filosofi guru ini menyentuh ribuan hati orang, membuat kita membuka mata untuk kita yang terkadang berapa kali masih lebih fokus pada kegagalan daripada mengakui yang positif dan memiliki pengertian dan empati.(lidya/yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular