fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeSEHATNEWS6 Tanda Peringatan dari Tubuh Anda yang Mengindikasikan Anda Memiliki Gangguan Hati

6 Tanda Peringatan dari Tubuh Anda yang Mengindikasikan Anda Memiliki Gangguan Hati

Erabaru.net. Hati adalah organ besar berdaging yang terletak di sisi kanan perut dan bertanggung jawab atas banyak fungsi penting dalam tubuh kita.

Hati, kelenjar terbesar di tubuh Anda, menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan, sebelum mengalirkannya ke seluruh tubuh. Ini menerima sekitar 30% dari darah yang beredar melalui tubuh Anda.

Penyakit hati dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti virus dan asupan alkohol yang berlebihan. Bahan kimia berbahaya juga bisa menjadi penyebab racun di hati Anda. Diet sehat dan gaya hidup sehat dapat membantu hati Anda.

Berikut tanda-tanda dari tubuh Anda yang mengindikasikan gangguan pada hati Anda:

1. Nyeri di hati Anda

Sakit hati bisa timbul karena berbagai alasan. Jika Anda merasakan sakit karenanya, kemungkinan besar Anda memiliki hati yang tidak sehat. Rasa sakitnya bisa berupa rasa sakit yang tumpul atau bisa juga menjadi tak tertahankan, tergantung seberapa banyak racun yang ada di hati Anda.

Tanda peringatan hati Anda yang beracun ini tidak bisa diabaikan karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Nyeri di hati kita mungkin merupakan tanda hepatitis, abses hati, dan banyak penyakit lainnya.

2. Penambahan berat badan secara drastis

Penambahan berat badan secara drastis berhubungan dengan gangguan hati. Ini mungkin penyebab utama hati berlemak, yang juga dapat menyebabkan sirosis hati. Jika kenaikan berat badan bukan karena makan berlebihan atau ketidakseimbangan hormon, mungkin Anda memiliki hati yang beracun.

Minum alkohol berlebihan akan menyebabkan peradangan di hati Anda, dan berdampak negatif pada hati Anda dengan mengumpulkan banyak lemak di dalamnya. Ketika hati tidak bekerja dengan baik, ia akan mulai menyimpan racun dalam sel-sel lemak.

3. Kaki dan pergelangan kaki bengkak

Kaki dan pergelangan kaki yang bengkak adalah tanda peringatan lain dari hati yang beracun. Jika Anda menghindari masalah hati Anda, itu memperbaiki dirinya sendiri dengan membentuk jaringan parut yang membuat hati tidak mungkin berfungsi dengan baik, mengakibatkan hipertensi portal. Ini meningkatkan tekanan darah di pembuluh darah kita dan menyebabkan cairan menumpuk di kaki Anda, yang mengakibatkan kaki bengkak. Kemungkinan besar, Anda akan diberitahu oleh dokter bahwa Anda menderita sirosis hati.

4. Mata dan kulit kuning

Mata dan kulit kuning adalah gejala penyakit kuning, yang berarti hati Anda penuh dengan racun. Bilirubin, pigmen kuning yang dibuat oleh pemecahan sel darah merah di hati mati dan ketika hati Anda tidak dapat membuang bilirubin dan sel darah merah, wajah, dan mata Anda menjadi kuning.

5. Alergi

Ketika hati Anda dipenuhi dengan racun, itu dapat menyebabkan reaksi alergi karena otak mengenalinya sebagai alergen karena terlalu banyak zat yang memasuki aliran darah. Jika Anda mengalami reaksi alergi seperti bintik-bintik merah gatal atau ruam, maka tentunya ini saat yang tepat untuk pergi ke dokter karena hati Anda mungkin tidak sehat.

6. Kelelahan

Kita semua merasa lelah karena banyak hal yang harus dilakukan dan dijaga. Tetapi jika Anda merasa lelah terus-menerus selama minimal 6 bulan, maka itu adalah Kelelahan Kronis. Alasan utama untuk Kelelahan Kronis adalah hati Anda penuh dengan racun. Hati Anda menyediakan energi bagi tubuh dengan mengubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya. Tetapi jika Anda memiliki hati yang beracun, ia tidak dapat menghasilkan glukosa apa pun karena tidak memiliki ruang untuk menyimpannya.

Ini adalah tanda-tanda peringatan utama dari hati yang beracun atau rusak. Jika Anda memiliki salah satu dari ini, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter dan jangan mengabaikan tanda-tanda peringatan ini karena dapat mencegah Anda dari kematian.(yn)

Sumber: smalljoys

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular