Sunday, December 5, 2021
HomeSERBA SERBIBocah Meninggal Karena Penyakit Otak Langka Setelah Bermain di Air Mancur

Bocah Meninggal Karena Penyakit Otak Langka Setelah Bermain di Air Mancur

Erabaru.net. Seorang anak di Texas telah meninggal setelah tertular penyakit otak langka dari air mancur di taman air mancur kota.

Berita itu diumumkan minggu ini dalam rilis bersama dari Kesehatan Masyarakat Kabupaten Tarrant dan Kota Arlington, AS, yang mengungkapkan bocah itu meninggal pada 11 September.

Tidak ada rincian pribadi yang dirilis tentang anak itu untuk melindungi identitasnya, tetapi para pejabat mengatakan dia dirawat di rumah sakit pada 5 September dengan meningoensefalitis amuba primer, infeksi yang disebabkan oleh amuba yang disebut Naegleria fowleri.

Amuba pemakan otak yang langka ini biasanya ditemukan di tanah dan air hangat yang segar seperti danau, sungai dan mata air panas, serta di kolam yang tidak terawat atau tidak mengandung klorin, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Orang dapat terinfeksi organisme ini ketika air yang mengandung amuba memasuki tubuh melalui hidung, setelah itu mengalir ke otak dan menghancurkan jaringan otak.

Setelah diperingatkan tentang kondisi anak itu, departemen kesehatan daerah menentukan bahwa paparan amuba berasal dari rumah keluarga di Tarrant County atau air mancur Don Misenhimer Park di Arlington. Tes kemudian mengkonfirmasi keberadaan amuba Naegleria fowleri aktif dalam sampel air dari taman.

Menanggapi hasil tersebut, kota segera menutup air mancur serta tiga air mancur publik lainnya untuk sisa tahun ini. Rilis berita, yang dikutip oleh CNN, mengkonfirmasi bahwa air minum kota itu tidak terpengaruh oleh amuba.

Kadar klorin yang rendah diduga berperan dalam keberadaan amuba di taman, dengan pejabat yang menentukan bahwa karyawan tidak selalu menguji air sebelum dibuka.

Deputi Manajer Kota Lemuel Randolph mengatakan bahwa air mancur akan tetap ditutup sampai sistem beroperasi dengan benar dan protokol pemeliharaan yang konsisten dengan standar kota, kabupaten dan negara bagian telah dikonfirmasi.(yn)

Sumber: unilad

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular