Misteri Kapal Karam Sepanjang 12 Meter ‘Berusia Ratusan Tahun’ Muncul di Pantai

Erabaru.net. Sebuah kapal karam sepanjang 12 m misterius yang berpotensi berusia ratusan tahun telah ditemukan di sebuah pantai di Latvia.

Penduduk setempat menemukan bangkai kapal di Pantai Daugavgrīva dekat ibu kota negara itu, Riga, ketika mereka menemukan beberapa balok yang terbuka.

Tetapi ketika ekskavator tiba untuk menyelidiki lebih lanjut, skala penuh kapal karam itu terungkap.

Satu bagian dari reruntuhan terungkap memiliki panjang 12 m dan lebar 3,9m.

Asal pasti kapal tersebut belum ditemukan, tetapi bukti di lokasi bangkai kapal menunjukkan bahwa usianya mungkin ratusan tahun.

Ribuan paku tembaga ditemukan masih tertanam di puing-puing, yang dapat menunjukkan bahwa kapal memiliki lambung dilapisi dengan tembaga.

Ini populer di antara kapal Angkatan Laut Kerajaan serta kapal dagang di tahun 1800-an, termasuk pemotong teh terkenal Cutty Sark yang memiliki lambung berlapis tembaga.

Teknik ini membuat kapal lebih mulus di bawah permukaan air, yang memungkinkan kecepatan lebih besar dan penanganan yang lebih baik daripada lambung kayu bergelombang yang bisa terkorosi oleh air asin dari waktu ke waktu.

Meskipun pelat tembaga itu sendiri sudah lama hilang, pakunya tetap sebagai bukti bahwa mereka pernah ada di sana.

Salah satu arkeolog yang bekerja di situs tersebut mengatakan: “Semakin jauh kami menggali, semakin jelas temuan itu secara signifikan lebih besar daripada yang bisa kami prediksi.

“Kami menyingkirkan selimut pasir dengan panjang lebih dari 11 meter dan lebar setidaknya empat meter.

“Kami menyadari bahwa itu juga bukan segalanya – lebih mungkin tidur di bawah pasir, bahkan mungkin seluruh kapal!”

Seorang juru bicara Dewan Warisan Budaya Nasional Latvia mengatakan bahwa ada kemungkinan kapal itu berasal dari abad ke-19, dengan mengatakan: “Pelapisan tembaga pada bagian bawah laut kapal dimulai oleh Inggris pada akhir abad ke-18, jadi bangkai kapal ini mungkin berasal dari abad ke-19.”

Kayu yang digunakan dalam bangkai kapal adalah kayu ek, yang merupakan bahan pembuatan kapal yang populer di Inggris hingga pertengahan 1800-an.

Para arkeolog saat ini sedang mencari cara terbaik untuk menggali dan menjelajahi reruntuhan.

Sementara itu, kapal telah dikubur kembali untuk memastikannya tetap terjaga.

Tim sekarang akan mencoba untuk mencitrakan bangkai kapal di bawah tanah dengan radar, untuk mengungkapkan skala penuh dari bangkai kapal misterius tersebut.(yn)

Sumber: dailystar