fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeTECHNEWSNASA Meluncurkan Prob Antariksa 'Lucy' untuk Menjelajahi Asteroid Troya Jupiter

NASA Meluncurkan Prob Antariksa ‘Lucy’ untuk Menjelajahi Asteroid Troya Jupiter

oleh Zhang Ting

NASA berhasil meluncurkan prob antariksa ‘Lucy’ pada Sabtu (16 /10/2021) untuk menjelajahi asteroid Troya Jupiter. Ini adalah pertama kalinya NASA melakukan misi seperti itu dengan jangka waktu misi selama 12 tahun

Prob atau wahana antariksa ‘Lucy’ terletak di dalam kabin induk khusus, dan dibawa oleh roket Atlas V yang diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida. 

Roket tersebut dimiliki oleh United Launch Alliance (ULA), perusahaan patungan antara Boeing dan Lockheed Martin.

Prob antariksa ‘Lucy’ bernilai USD. 450 juta, merupakan salah satu proyek eksplorasi terbesar NASA yang diluncurkan tahun ini. ‘Lucy’ selanjutnya akan menjalani misinya yang selama 12 tahun untuk mengamati sejumlah asteroid. Selain itu, ‘Lucy; juga akan mengamati satu asteroid sabuk utama dan tujuh asteroid Troyan. Ini akan menjadi misi pertama dalam sejarah NASA untuk menjelajahi begitu banyak asteroid yang berbeda. ‘Lucy’ akan menjelajahi “fosil” yang dibentuk oleh planet-planet tersebut dari jarak dekat selama perjalanannya nanti.

Para ilmuwan berharap ‘Lucy’ bisa terbang dan mengamati kelompok tujuh asteroid Troya dari jarak dekat untuk memberikan petunjuk tentang bagaimana planet-planet tata surya terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, dan apa yang membentuk struktur mereka saat ini.

Kelompok asteroid Troya adalah kelompok besar asteroid yang berbagi orbit dengan Planet Jupiter dan sama-sama mengelilingi matahari.

NASA mengklaim bahwa bukti ilmiah menunjukkan bahwa asteroid Troya adalah sisa-sisa material yang membentuk planet raksasa. Mempelajari mereka dapat mengungkapkan informasi yang sebelumnya tidak diketahui ilmuwan tentang pembentukan mereka dan evolusi dari tata surya.

NASA mengatakan asteroid ini dianggap kaya akan senyawa karbon dan bahkan dapat memberikan wawasan baru tentang asal usul bahan organik dan kehidupan di Bumi.

Untuk mendapatkan dorongan gravitasi, ‘Lucy’ akan terbang di atas bumi tiga kali dalam jarak dekat, dan akan menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang terbang kembali ke sekitar bumi dari tata surya bagian luar. (Catatan : Tata surya bagian dalam mencakup Matahari, Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars, sedangkan tata surya bagian luar mencakup Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto).

Diperkirakan pada tahun 2025, di sabuk planet utama antara Mars dan Jupiter, ‘Lucy’ akan bertemu dengan asteroid ‘52246 Donaldjohanson’ untuk pertama kalinya.

Bill Nelson, Direktur NASA mengatakan bahwa ‘Lucy’ mewujudkan pengejaran abadi NASA terhadap alam semesta demi mengeksplorasi ilmu pengetahuan. “Saya tidak sabar untuk secepatnya mengetahui misteri macam apa yang akan diungkap oleh misi ini !”

“Hari ini kita merayakan pencapaian yang luar biasa ini dan menantikan kabar tentang penemuan baru dari ‘Lucy'”, kata Donya Douglas-Bradshaw, Manajer Proyek ‘Lucy’ di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland. (Sin)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular