fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeBERITA TIONGKOK4 Orang Tewas dan 40 Terluka Akibat Ledakan Gas di Shenyang,...

4 Orang Tewas dan 40 Terluka Akibat Ledakan Gas di Shenyang, Tiongkok, Bangunan dan Kenderaan Sekitar Hancur Tinggal Kerangka Besi

Li Jinfeng

Ledakan gas terjadi di sebuah restoran di Nanqima, Jalan Selatan Taiyuan, Kota Shenyang, Provinsi Liaoning, Tiongkok, Kamis (21/10/2021) pagi.  Ledakan juga berdampak kepada  sebuah bus. Menurut data resmi yang diperbarui, ledakan itu diklaim hanya mengakibatkan 4 orang tewas dan lebih dari 40 orang terluka. Video yang beredar menunjukkan situasi mengerikan di tempat kejadian.  Suasana mirip dengan tempat ledakan gas alam di Kota Shiyan beberapa waktu lalu. 

Dalam berita terbaru, Weibo resmi dari Distrik Heping di Shenyang mengumumkan pada pukul 11:39 siang pada  21 Oktober,  terjadi  ledakan gas menyebabkan kerusakan pada bangunan di dekatnya. Ledakan juga berdampak terhadap sebuah bus di tempat kejadian. Kecelakaan itu  menyebabkan 4 orang tewas dan lebih dari 40 orang terluka. 

Pemberitahuan itu tidak menyebutkan data spesifik tentang cedera.

Shenyang meledak. Pada pagi  21 Oktober, gas  meledak di sebuah bangunan komersial dan perumahan di Shenyang. Gambar menunjukkan pemandangan. (STR/AFP via Getty Images)

Akun resmi Weibo dari Distrik Heping di Shenyang mengeluarkan pemberitahuan pada 09:44 pada  21 Oktober, yang menyatakan bahwa ledakan gas menyebabkan 1 kematian dan 33 orang terluka di tempat kejadian. Mereka dikirim ke rumah sakit untuk penyelamatan. 

Namun demikian, reporter NTD menemukan bahwa pengumuman tersebut telah dihapus sekitar pukul 10:25 pada 21 oktober, tetapi pengumuman yang relevan telah dicetak ulang oleh sebagian besar media daratan Tiongkok.

Shenyang meledak. Pada pagi 21 Oktober, gas meledak di sebuah bangunan komersial dan perumahan di Shenyang. Gambar menunjukkan pemandangan. (STR/AFP via Getty Images)

Pada  21 Oktober, CCTV News melaporkan bahwa ledakan gas terjadi di sebuah restoran di Nan Qima, Jalan Selatan Taiyuan, Kota Shenyang, pada pukul 8:20 pagi.

Buletin Kebakaran Liaoning menyatakan bahwa ledakan gas diduga terjadi di wilayah timur Distrik Yichun di Jalan Qima.

Sebuah laporan resmi dari Distrik Heping Shenyang menyatakan bahwa ledakan terjadi di Jalan Selatan No. 222 Taiyuan, Distrik Heping, Shenyang, dan banyak toko dan bangunan tempat tinggal di daerah sekitarnya terpengaruh.

Setelah ledakan gas Shenyang, pemandangan menjadi reruntuhan. (Tangkapan layar video)

Layar pemantauan online menunjukkan bahwa ledakan itu menghancurkan kaca rumah di kedua sisi jalan, dan juga mengeluarkan asap tebal, benda-benda beterbangan dan jatuh bersama asap tebal.

Video lain menunjukkan bahwa setelah ledakan, tempat kejadian menjadi reruntuhan.

Sebuah rumah di dekatnya meledak lagi  menjadi  serpihan batu yang berserakan, batang baja, kabel dan puing-puing lainnya, dan mobil di sekitarnya juga meledak. Pemandangan ini mirip dengan lokasi ledakan gas alam di Kota Shiyan, Provinsi Hubei pada Juni tahun ini.

Setelah ledakan gas Shenyang, pemandangan menjadi reruntuhan. (Tangkapan layar video)

Netizens berkata: “Ini benar-benar terlalu menakutkan, sepertinya film bencana …”

Seorang netizen lokal berkata: “Ini terlalu serius. sirene  Ambulans dan kendaraan pemadam kebakaran terdengar bersama-sama. ” 

Netizen lainnya mengatakan : Di dekat perusahaan kami, saya baru saja mendengar banyak truk pemadam kebakaran. Seharusnya sangat serius. Saya harap tidak banyak korban.”

Netizen lokal lainnya mengungkapkan: “Restoran di lantai bawah di rumah saya terbakar. Departemen terkait mengatakan  wajar, dan hanya mengurusnya ketika ada yang tidak beres. Departemen terkait di Shenyang benar-benar hebat.”

“Ledakan gas alam Shiyan” sama dengan ledakan gas alam yang terjadi di pasar sayur di Distrik Zhangwan, Kota Shiyan, Provinsi Hubei sekitar pukul 06:42 pada 13 Juni tahun ini. 

Para pejabat mengklaim bahwa kecelakaan pada saat itu hanya menyebabkan 26 orang tewas dan 138 orang cedera.

Infrastruktur yang buruk disebabkan oleh termakan usia, rendahnya kepatuhan terhadap standar keselamatan, pemeliharaan yang buruk, dan korupsi di antara badan penegak hukum semuanya dianggap berkontribusi terhadap bencana tersebut. Di antara kecelakaan terburuk di daratan Tiongkok adalah ledakan besar tahun 2015, di sebuah gudang bahan kimia di kota pelabuhan Tianjin yang menewaskan 173 orang. Kebanyakan dari mereka adalah petugas pemadam kebakaran dan polisi. (hui)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular