fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeBERITA TIONGKOKMedia Spanyol Ungkap Keberadaan Jack Ma ! Benar Bebas Atau Mengemban Tugas...

Media Spanyol Ungkap Keberadaan Jack Ma ! Benar Bebas Atau Mengemban Tugas Lain ?

oleh Lin Yutang dan Zhang Yuanting

Sejak Ant Group gagal go public, rumor bahwa pendiri Alibaba Group Jack Ma telah dilarang meninggalkan daratan Tiongkok beredar cukup santer di pasar keuangan, dan keberadaannya menjadi pusat perhatian masyarakat internasional. Pada Rabu, (20/10/2021), Reuters mengutip informasi dari media Spanyol melaporkan bahwa Jack Ma sedang berlibur di Pulau Mallorca, Spanyol, terlihat kapal pesiar super mewahnya sedang ditambatkan di sana. Ini merupakan pertama kalinya Jack Ma keluar negeri sejak tahun 2020 ia secara terbuka mengkritik lembaga regulator komunis Tiongkok

Kapal pesiar super mewah Jack Ma muncul di pantai barat laut dari P. Mallorca, Spanyol.  Menurut laporan media, kapal pesiar itu memiliki panjang sekitar 88 meter dan dapat membawa 16 orang penumpang beserta 25 orang awak.

Keberadaan pendiri Alibaba Group Jack Ma mengundang perhatian media asing. Reuters mengutip berita media Spanyol memberitakan bahwa Jack Ma sedang berada di Pulau Mallorca. Spanyol. 

Sejak rencana go public Ant Group ditangguhkan oleh pemerintah komunis Tiongkok pada  Oktober 2020, rumor tentang ia dilarang meninggalkan daratan Tiongkok beredar cukup santer di pasar. Menurut dunia luar, Jack Ma saat ini mungkin telah memperoleh kebebasan. 

Berita keberadaannya di Spanyol sempat mengangkat harga saham Alibaba di Bursa Saham Hongkong, sehingga harga sahamnya naik sekitar 6,7% pada penutupan bursa 20 Oktober, kembali ke harga HKD. 175,8.

Menurut laporan media Hongkong ‘East Week’ pada 19 Oktober, setelah sempat singgah sebentar di Hongkong, Jack Ma terbang ke Spanyol pada pagi 16 Oktober menuju Spanyol. Setelah tiba di Spanyol, Jack Ma bersama teman-teman orang kaya pergi berlibur dengan menaiki kapal pesiar super mewah seharga HKD. 1,6 miliar. 

Sedangkan laporan dari ‘South China Morning Post’, media Hongkong afiliasi dari Alibaba Group menyebutkan bahwa, Jack Ma sedang melakukan penyelidikan yang berkaitan dengan teknologi pertanian dan lingkungan di Spanyol.

Zhou Xiaohui, kolumnis Epoch Times menjelaskan bahwa ketika ekonomi Tiongkok dalam keadaan terpuruk seperti saat ini, pihak berwenang tidak akan melepaskan orang-orang kaya seperti Jack Ma. 

Jadi, perjalanan Jack Ma saat ini berkaitan dengan mentransfer aset yang disembunyikan di luar negeri untuk dikembalikan ke Tiongkok. Ada juga analis yang mengatakan bahwa perjalanan Jack Ma disertai dengan misi terkait front persatuan.

Sedangkan komentator politik Wen Zhao mengatakan : “Perjalanan Jack Ma mungkin terkait dengan misi front persatuan, karena lingkungan pemilik modal di Tiongkok saat ini sedang panik. Jack Ma mungkin saja membawa titipan pesan untuk disampaikan kepada teman-temannya yang pemodal termasuk orang kaya secara internasional. Artinya bagaimana semestinya untuk berusaha dan berurusan dengan pemerintah Tiongkok di masa mendatang. Jadi besar kemungkinan Jack Ma memainkan peran sebagai utusan rahasia pemerintah yang merangkap peran dalam menjaga stabilitas melalui modal”.

Apakah dibebaskannya Jack Ma menunjukkan serangkaian tanda-tanda mulai mengendurnya pengawasan pemerintah komunis Tiongkok terhadap orang-orang kaya Tiongkok yang dituduh sebagai lawan politik Xi Jinping ? Atau apakah Jack Ma punya kepentingan lain ? Apakah mungkin untuk mengubah liburan menjadi pelarian ? 

Jadi ke mana lagi Jack Ma akan melangkah setelah perjalanan ke Spanyol ini, tetap menarik perhatian dunia. (sin)

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular