fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeBERITA TIONGKOKEpidemi Menyebar di Banyak Titik 10 Provinsi dan Kota Tiongkok, Dilaporkan Mungkin...

Epidemi Menyebar di Banyak Titik 10 Provinsi dan Kota Tiongkok, Dilaporkan Mungkin Banyak Sumber Infeksi

He Yating 

Gelombang baru wabah COVID-19 yang dipicu oleh grup wisata Shanghai di Daratan Tiongkok terus menyebar.  Rantai penularan telah meluas ke 10 provinsi dan kota, menunjukkan tren “distribusi ganda”. Kasus lokal yang dikonfirmasi pada Rabu (20/10/2021) hampir dua kali lipat sehari sebelumnya. Sedangkan berita terbaru menunjukkan Beijing juga telah menambahkan kasus lokal yang dikonfirmasi. 

Berdasarkan laporan dari Beijing Daily dan Guangzhou Daily, pada (21/10/2021) sore waktu setempat, Pang Xinghuo, wakil direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kota Beijing pada konferensi pers mengklaim bahwa dari pukul 0:00 hingga 14: 00 pada 21 Oktober, Beijing memiliki kasus lain yang dikonfirmasi dari virus Komunis Tiongkok lokal atau COVID-19. Pasien ini merupakan istri dari kasus terkonfirmasi pada 19 Oktober, dan terdiagnosis pada tanggal 21 Oktober selama masa observasi medis intensif. Ia mengatakan, kondisinya masuk dalam kasus klasifikasi klinis ringan.

Pang Xinghuo membeberkan kasus epidemi saat ini dimulai dengan rantai transmisi kelompok turis.  Setelah menyebar, situasinya menjadi semakin rumit. Hingga kini, ada beberapa grup perjalanan yang menyebarkan rantai penularan seperti “Grup Tur Shanghai”, “Grup Tur Lanzhou”, “Grup Tur Zhejiang” dan “Grup Tur Yunnan Kunming”. 

Epidemi telah menyebar ke Shaanxi, Ningxia, Fujian, Gansu, Mongolia Dalam, Hunan,  Beijing, Guizhou, Hebei, Hubei serta provinsi, wilayah dan kota lainnya.  Kondisi spesifik di mana grup wisata terinfeksi dan di mana sumber infeksi, masih belum jelas dan perlu dicek lebih lanjut.

Pada hari yang sama, Badan Pencegahan Epidemi Mongolia Dalam mengumumkan bahwa iwlayah Ejina Banner di Mongolia Dalam telah menyelesaikan putaran pertama pengujian tes virus untuk semua warga. hasilnya mengonfirmasi 8 kasus baru dan semuanya telah dipindahkan ke rumah sakit yang ditunjuk untuk perawatan lebih lanjut. Hingga saat ini, terdapat 13 kasus terkonfirmasi di Ejina Banner.

Pada hari yang sama, wilayah Alashan Left Banner dari Mongolia Dalam juga menambahkan kasus baru yang dikonfirmasi, yang telah dipindahkan ke Rumah Sakit Pusat Liga Alashan untuk perawatan. Pasien marga Guo memiliki riwayat perjalanan ke Chengdu, Sichuan bersama kerabatnya dan sekelompok 6 orang dari 4 hingga 9 Oktober. Ia kemudian mengunjungi Kota Leshan, Kota Emeishan, dan Kota Dujiangyan berturut-turut. Setelah kembali dari tur, marga Guo pergi ke Mengyu Coal Yard di Pelabuhan Ceke untuk memuat batu bara pada Sabtu (16/10/2021).

Menurut laporan dari Komisi Kesehatan Nasional Partai Komunis Tiongkok, pada Kamis (20/10), ada 30 kasus baru yang dikonfirmasi di daratan Tiongkok, di mana 13 di antaranya diimpor dari luar negeri dan 17 adalah infeksi lokal, didistribusikan di Shanghai, Guangdong, Fujian , Henan, Shaanxi dan tempat lainnya. 

Dunia luar memperhatikan jumlah kasus lokal yang dikonfirmasi pada  (20/10) hampir dua kali lipat dari jumlah infeksi lokal pada 19 Oktober.

Mengingat fakta soal Komunis Tiongkok selalu menyembunyikan situasi epidemi, data  sebenarnya tidak diketahui oleh dunia luar.

Gelombang epidemi baru di daratan Tiongkok ini dimulai pada 17 Oktober, ketika beberapa turis dari Shanghai pertama kali terdeteksi terinfeksi virus Komunis Tiongkok.  Kemudian diketahui bahwa 7 anggota grup wisata tersebut mereka semuanya didiagnosis. Hanya dalam waktu 4 hari, jumlah kasus yang disebabkan oleh rombongan wisata ini meningkat pesat menjadi 42 orang. Penularannya menyebar ke 10 provinsi dan kota.

Di antara mereka, tiga kasus yang ditemukan di Erlianhot, Mongolia Dalam.  Tampaknya tidak terkait dengan pasangan turis yang menjadi sumber utama infeksi epidemi, tetapi berhubungan dengan seseorang yang bekerja di pusat logistik yang ditemukan pada 13 Oktober. Akan tetapi, orang dari pusat logistik ini tidak jelas bagaimana terinfeksi virus Komunis Tiongkok.

Reuters menyatakan dalam laporan bahwa Komunis Tiongkok belum menyatakan di mana pasangan Shanghai tertular virus, atau bagaimana kasus yang dilaporkan pada 18 dan 19 Oktober mereka terinfeksi. Namun demikian, tanda-tanda awal menunjukkan bahwa mungkin ada banyak sumber infeksi di seluruh Tiongkok. (hui)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular