fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeSERBA SERBI10 Senjata Abad Pertengahan Paling Mahal dan Mematikan yang Pernah Dijual

10 Senjata Abad Pertengahan Paling Mahal dan Mematikan yang Pernah Dijual

Erabaru.net. Teknologi dan industri militer telah mengubah konsep perang saat ini. Saat ini, negara tidak selalu membutuhkan tenaga manusia atau mesin untuk mendatangkan malapetaka yang mengerikan di sisi lain. Menekan tombol sudah cukup untuk kehancuran terjadi.

Di masa lalu, sebelum teknologi dikembangkan, tindakan brutal adalah masalah yang jauh lebih pribadi. Selama ribuan tahun, bahkan sebelum munculnya bubuk mesiu, tentara bertempur dalam pertempuran sengit. Pertempuran itu buruk, keras dan sangat berdarah, dan Anda harus menatap mata petarung Anda saat Anda menabraknya.

Senjata yang bertanggung jawab atas tindakan perang yang brutal dan intim ini telah menjadi ikon dan bahkan menjadi setenar pemiliknya.

Banyak dari senjata ini mungkin mengambil nyawa, dan kebanyakan dari mereka berharga dari perspektif sejarah murni. Penakluk hebat yang menghadapi pertempuran secara langsung memiliki nama yang terukir dalam sejarah. Senjata mereka merupakan peninggalan dari warisan sejarah yang tak ternilai harganya.

Namun karena semuanya ada harganya, berikut daftar 10 senjata abad pertengahan termahal di dunia:

1. Bao Teng Saber abad ke-18

Bao Teng Sabre dari abad ke-18 adalah senjata abad pertengahan termahal yang pernah dijual dalam daftar. Itu dijual dengan harga 5,9 juta dollar (sekitar Rp 83 miliar) pada tahun 2006 dan dua tahun kemudian seharga 7,7 juta dollar (sekitar Rp 109 miliar). Bilah pedangnya terbuat dari sekitar 2.000 lapis baja dan dihiasi dengan emas, perak, dan tembaga. Total 90 bilah ini dibuat dalam 47 tahun di bengkel istana Dinasti Qing.

2. Pedang Bertahtakan Emas Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte, Kaisar Perancis dari tahun 1852 hingga 1870 selalu terlihat membawa pistol dan pedang di medan perangnya. Pedang berlapis emas yang indah ini juga digunakan olehnya pada Pertempuran Marengo melawan pasukan Austria pada tahun 1800.

Pedang itu kemudian diturunkan dari generasi ke generasi karena masa lalunya yang bersejarah dan dinyatakan sebagai harta nasional pada tahun 1978 yang dapat dijual kepada orang asing. Pembeli, tetapi pemiliknya harus memiliki alamat di Perancis dan menyimpan senjata di Perancis selama lima hingga enam bulan dalam setahun.

Pada tahun 2007, itu dilelang di Perancis dan dijual dengan harga tinggi 6,6 juta dollar (sekitar 93 miliar). Pedang itu dibuat dengan emas bahkan pada pegangannya.

3. Belati Telinga Abad ke-15 dari Periode Nasrid

Senjata abad pertengahan ini adalah belati bermata dua yang dirancang dengan fantastis dan dilengkapi dengan dua cakram datar. Mereka banyak digunakan di Spanyol selama abad ke-15 dan ke-16 dan diperkenalkan ke Eropa oleh Italia.

Senjata ini sangat didekorasi untuk membuatnya menjadi daya tarik dan terutama digunakan untuk berburu binatang yang berbeda. Hiasan di sekitar bilah terdiri dari sosok seorang pria dengan panah berburu berbagai binatang. Itu dijual seharga 6 juta dollar (sekitar Rp 85 miliar) pada tahun 2010.

4. Belati Shah Jahan

Shah Jahan sangat terkenal dengan Taj Mahal yang dia bangun untuk istrinya Mumtaz tetapi belati yang sangat elegan dengan dekorasi keramik dan detail emas yang menyusun sebuah karya seni nyata belati yang indah ini juga milik Kaisar Mughal.

Senjata ini juga dibuat dengan detail barang pribadi Shah Jahan yang berisi nama, tempat dan tanggal lahir serta gelar bangsawan. Itu dijual di penjualan Bonhams Indian and Islamic di London pada tahun 2008 dengan harga 3,3 juta dollar (sekitar Rp 46 miliar).

5. Permata Pisau Orient

The Gem of the East knife adalah pisau mewah yang dirancang oleh pembuat pisau terbaik dan terbesar di dunia, Buster Warenski pada tahun 1966.

Pisau cantik ini dibuat dengan 153 zamrud 9 karat dan sembilan berlian untuk meningkatkan keindahan pegangannya dan membutuhkan 10 tahun untuk menyelesaikan. Itu dijual dengan harga 2,1 juta dollar (sekitar Rp29 miliar) dan memegang gelar pisau paling mahal di dunia.

6. Pedang Ulysses S. Grant

Presiden Amerika Serikat ke-18 dari tahun 1869 hingga 1877, Ulysses S. Grant adalah seorang tokoh terkenal dan pedangnya sangat berharga bagi seluruh dunia.

Dia menerima pedang yang luar biasa ini sebagai hadiah pada tahun 1864 di posisi Jenderal Kepala oleh warga Kentucky di AS. Ini adalah senjata yang disempurnakan dengan 26 berlian yang indah dan dijual pada tahun 2007 di Heritage Auction dengan harga 1,6 juta dollar (sekitar Rp 22 miliar).

7. Pisau Berburu Kekaisaran Qianlong

Pisau Berburu Kekaisaran Qianlong yang spektakuler milik Kaisar ke-6 dari Dinasti Qing yang dipimpin oleh orang Manchu dari tahun 1735 hingga 1796. Pisau itu seluruhnya terbuat dari tanduk antelop, yang cukup langka dan membuatnya lebih berharga bagi semua orang.

Sarung pisau terbuat dari cula badak dan runcing dengan enam naga bercakar tiga yang menggeliat keluar masuk awan di atas ombak.

Bilah pisau dibuat dengan batu karang, pirus, emas yang menjadikannya senjata langka dan bernilai tinggi. Itu dijual di Sotheby’s pada tahun 2009 seharga 1,24 juta dollar (sekitar Rp 17 miliar).

8. Pisau Talwar India Abad ke-17

Pisau Talwar abad ke-17 adalah pisau Eropa melengkung yang dilelang di Sotheby’s pada tahun 2007 dan dijual dengan harga 717.800 dollar (sekitar Rp 10 miliar) meskipun nilainya diperkirakan hanya 60.000 pound. Itu telah ditingkatkan dengan dekorasi goresan emas dan juga telah dilengkapi dengan bunga teratai yang menggambarkan kisah kuat Kaisar Mughal Shah Jahan.

9. Pedang Perwira Perancis Laksamana Lord Nelson

Pedang Lord Nelson ditemukan pada tahun 2001 dan termasuk di antara ribuan kertas dan dokumen, medali, perhiasan dan senjata milik Nelson. Mereka disembunyikan selama hampir 200 tahun dan dirahasiakan di bawah perawatan teman terdekat dan orang kepercayaan Nelson, Alexander Davison. Pedang ini juga digunakan olehnya dalam pertempuran Trafalgar. Dilelang dan dijual dengan harga 541.720 dollar (sekitar Rp 7,6 miliar) .

10. Sebuah Katana Kamakura dari Abad ke-13

Katana adalah pedang bermata satu yang sangat tradisional dan digunakan oleh Samurai Jepang hampir selama ratusan tahun. Mereka dibuat dengan bahan terbaik dan dianggap yang terbaik dan paling tajam.

Katana diekspor secara ilegal ke banyak negara di luar Jepang. Pada tahun 1992, sekitar total 1100 pedang Jepang dilelang, dan seluruh koleksi dilelang dalam satu hari seharga 8 juta dollar dan Katana dijual dengan harga 418.000 dollar (sekiar Rp 5,9 miliar).(yn)

Sumber: indiatimes

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular