fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeSERBA SERBI6 Cara Pemanfaatan Sepenuhnya Waktu Istirahat Guna Meningkatkan Kualitas Kerja

6 Cara Pemanfaatan Sepenuhnya Waktu Istirahat Guna Meningkatkan Kualitas Kerja

Erabaru.net. Apakah Anda mengalami lelah fisik atau mental ? Atau mungkin keduanya ? Memang banyak orang mengalami hal demikian belakangan ini.

2 atau 3 tahun yang lalu Anda mungkin pernah berangan-angan : Ingin punya lebih banyak waktu “tinggal di rumah” untuk beristirahat atau relaksasi dengan cara membatalkan sejumlah rencana aktivitas jangka panjang. Namun, menurut penelitian empiris non-ilmiah yang dilakukan penulis, ternyata kesimpulan yang didapat tidaklah seperti itu.

Realitas mengenai bekerja di rumah, mendapatkan pendidikan di rumah, dan berjuang keras untuk menghadapi ketidakpastian dunia telah merugikan banyak dari kita. Ketika Anda bekerja dari rumah, Anda mungkin merasa seperti masih hidup di tempat kerja.

Ada cara sederhana guna membantu Anda terhindar dari mencoba untuk mengurusi semua aspek dan berusaha memenuhi semua peran dengan baik. Caranya adalah Anda perlu secara sadar mengambil kesempatan beristirahat di siang hari.

Ini bukan konsep yang menggemparkan, tetapi jika Anda merasa letih fisik apalagi juga mental, maka sebaiknya Anda luangkan waktu sejenak untuk meninjau kembali seberapa sering Anda beristirahat setiap harinya.

Jika Anda terus beraktivitas seperti semangat pembalap yang ‘gas poll !’ sepanjang hari, sering harus menanggapi semua informasi yang masuk, dan Anda pun tidak pernah berpikir untuk berhenti sejenak beristirahat, tidak heran jika Anda akan kelelahan.

Untuk hal ini : Anda perlu memprioritaskan waktu beristirahat ‘mengisi ulang daya’ setidaknya sekali dalam sehari. Nah, berikut adalah beberapa cara agar Anda bisa memperoleh istirahat yang cukup sehingga hasil kerja pun baik.

Tidur siang

Jika Anda adalah tipe orang yang dapat tidur untuk waktu selama lebih kurang 20 menit, kemudian bangun langsung segar untuk menghadapi tugas-tugas setengah hari berikutnya, maka gunakan cara ini.

Ciptakan ruangan untuk itu, entah di balik tirai anti tembus pandang, putar musik ringan, dan selimut yang nyaman untuk berpulas sejenak. Beritahu orang-orang di sekitar Anda untuk tidak mengganggu, atau manfaatkan kesempatan ini saat anak kecil Anda sedang tidur siang.

Atur jam alarm yang berbunyi lembut untuk memastikan bahwa Anda tidak akan tidur sampai keblabasan. Kesampingkan rasa bersalah dan nikmati saja, karena hal itu dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Meditasi

Woman Yoga – relax in nature

Kelelahan sebagian besar berasal dari kebisingan yang berlebihan dan informasi yang kita terima dari sumber yang tak terhitung jumlahnya sepanjang hari. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk meredam kebisingan dan menenangkan otak dengan cara bermeditasi. Meditasi memiliki efek ajaib dalam mengurangi kecemasan dan mempertahankan keadaan tenang.

Berjalan santai

Kencangkan tali sepatu Anda lalu berjalan-jalan di bawah sinar Matahari yang hangat. Jika Anda ingin memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya, maka tinggalkan ponsel Anda di rumah.

Kagumi pemandangan terdekat, nikmati keindahan alam di sekitar Anda, hadapi Matahari, hirup udara segar, dan biarkan tubuh Anda mendapatkan manfaat dari olahraga harian yang diperlukan.

Sungguh menakjubkan bahwa dengan berjalan kaki saja sudah dapat mengubah perspektif kita menjadi lebih positif.

Menikmati hidangan

Apakah Anda menikmati makanan di meja tempat Anda bekerja, atau Anda hanya mengambil sisa makanan dari piring hidangan buat anak Anda ? Cobalah untuk menyisihkan beberapa menit waktu makan ini untuk duduk santai dan betul-betul menikmati hidangan yang ada, entah itu salad yang berwarna-warni, hanya semangkuk sup, atau sandwich sederhana tanpa harus buru-buru menyelesaikannya. Lupakan sejenak daftar tugas, dan biarkan waktu istirahat bermanfaat penuh.

Menikmati rehat kopi

Waktu istirahat paling klasik adalah rehat kopi, tetapi berapa kali Anda bisa menggunakannya untuk meninggalkan tugas dan pekerjaan untuk menikmati minuman favorit Anda ? Jadi manfaatkan waktu untuk duduk santai, teguk minuman kesukaan Anda, apakah itu kopi atau teh panas ? Renungkan, dan rileks saja.

‘Mengisi ulang daya’

Luangkan waktu di siang hari untuk ‘mengisi ulang daya’ bagi fisik maupun mental, yang dapat membantu Anda menemukan sumber kelelahan. Baik itu dengan tenang membaca, berdoa, membuat catatan harian, atau mendapatkan beberapa pencerahan secara online, itu semua akan terhubung dengan nilai-nilai inti Anda dan hal-hal paling mendasar dalam hidup Anda.

Memang, kekhawatiran dan kesibukan membuat banyak orang merasa tidak nyaman, sengsara dibuatnya. Oleh karena itu kita perlu memelihara semangat, karena dialah penawarnya. (sin/yn)

Sumber: Theepochtimes

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular