India Berhasil Meluncurkan Rudal Balistik yang Menjangkau Sebagian Besar Kota di Tiongkok

Rudal balistik jarak jauh Agni-V ditampilkan selama parade Hari Republik, di New Delhi, India, pada 26 Januari 2013. (Manish Swarup/AP Photo)

Erabaru.net. Pada saat ketegangan antara komunis Tiongkok dengan India meningkat akibat permasalahan perbatasan, India berhasil meluncurkan rudal balistik dengan jangkauan 5.000 kilometer yang mampu menjangkau hampir seluruh kota besar di Tiongkok. Dunia luar percaya bahwa ini adalah langkah penting bagi India dalam memperkuat pencegahan terhadap ancaman nuklir Beijing

Sebagaimana dilaporkan oleh media ‘Epoch Times’, bahwa pemerintah India telah berhasil melakukan uji coba rudal balistik dengan jangkauan 5.000 kilometer yang dilakukan di Pulau APJ Abdul Kalam, di lepas pantai Odisha pada Rabu (27/10/2021) pukul 07:50.

Kementerian Pertahanan India dalam sebuah pernyataannya menyebutkan bahwa, rudal balistik permukaan-ke-permukaan (darat ke darat) yang diuji kali ini adalah rudal balistik antarbenua Agni-5.

Senjata tersebut merupakan rudal berbahan bakar padat tiga tahap yang dikembangkan secara independen oleh India. Senjata ini memiliki kemampuan nuklir dan telah menjalani banyak uji coba sejak peluncuran uji coba pertamanya hampir 10 tahun lalu. 

Menurut informasi yang dirilis sebelumnya, rudal tersebut mampu dilengkapi dengan MIRV (Multiple Independent Reentry Vehicle) yang mampu membawa sekaligus 2-10 hulu ledak nuklir untuk menyerang beberapa target dalam jarak lingkup ratusan kilometer, atau untuk menyerang satu target dengan beberapa hulu ledak.

Pernyataan juga menyebutkan bahwa Agni-5 yang memiliki tingkat akurasi tinggi ini, dapat menyerang target berjarak 5.000 kilometer. Namun demikian, pemerintah berjanji untuk tetap berprinsip tidak menjadi yang pertama menggunakan rudal untuk menyerang.

Menurut laporan media ‘Hindustan Times’, bahwa rudal itu oleh Kementerian Pertahanan India dimasukkan ke dalam bagian dari Komando Pasukan Strategis (Strategic Forces Command) India, guna meningkatkan kekuatan pencegahan India dari ancaman nuklir komunis Tiongkok.Sebelumnya, India belum memiliki rudal yang dapat mencapai target jauh di daratan Tiongkok. Jarak dari New Delhi, ibu kota India ke Beijing sekitar 3.800 kilometer. Ini juga berarti bahwa rudal Agni-5 mampu menyerang kota-kota paling penting di daratan Tiongkok.

Uji coba pertama rudal Agni dilakukan pada tahun 2012. Agni-1 hingga Agni-4 memiliki jangkauan 700 km hingga 3.500 km, dan mereka ini sudah disebarkan di beberapa wilayah India.

Agni-5 dirancang oleh India untuk memperkuat penangkal ancaman nuklir Beijing, karena militer komunis Tiongkok memiliki rudal balistik dengan jangkauan 12.000 hingga 15.000 kilometer seperti Dongfeng-41.

Sebelumnya pada awal  Agustus tahun ini, India juga menguji coba rudal ITCM (Indigenous Technology Cruise Missile) dari pesisir pantai Orissa. Dan, pada 23 juli melakukan uji coba rudal darat udara Akash-New Generation.

Pada 22 Oktober, Angkatan Darat India mendemonstrasikan beberapa sistem peluncuran roket Pinaka dan Smerch di Assam. Seorang pejabat mengatakan bahwa sistem ini berfungsi untuk memastikan sejumlah besar tembakan dalam waktu singkat.

Sementara peluncuran uji coba ini dilakukan, sengketa perbatasan antara komunis Tiongkok dengan India di wilayah Ladakh tetap tidak menemui jalan keluar untuk penyelesaiannya. Militer komunis Tiongkok juga memperluas skala kegiatan militernya di perbatasan dengan India.

Saat ini, India juga sedang mengembangkan senjata hipersonik dengan kecepatan terbang 6 kali lebih cepat dari kecepatan suara (6 Mach) yang dapat menembus sistem pertahanan rudal. (sin)