Meskipun Mesra, Pasangan Jangan Menggunakan 4 Hal Ini Secara Bersama

Erabaru.net. Dokter mengingatkan : Tidak peduli semesra apa pun, pasangan jangan menggunakan 4 hal ini secara bersama.

Seorang pria bermarga Liu sejak bulan lalu terus bolak-balik berobat ke klinik karena sariawan yang tak kunjung membaik, meskipun sudah secara teratur mengoleskan obat yang direkomendasikan.

Liu kemudian meminta istrinya yang bermarga Gao untuk menemaninya ke rumah sakit guna pemeriksaan, dokter memberitahu bahwa Liu terinfeksi hpv (human papilloma virus) atau virus papiloma manusia.

Setelah mendapat penjelasan dari dokter, Gao bereaksi lebih cepat daripada Liu dan mengatakan : “Oh, begitu ya, tidak saya sangka kamu telah berselingkuh di luar sepengetahuan saya. Tidak tahu malu !”

Dengan wajah sedih karena tuduhan itu Liu mengatakan : “Saya sama sekali tidak melakukan hal itu, jangan menyalahkan saya, bahkan saya sendiri tidak tahu bagaimana saya tertular hpv …”

Setelah dokter bertanya tentang kebiasaan sehari-hari pasangan itu, dia menyarankan agar Gao juga melakukan pemeriksaan, dan ternyata dia juga tertular hpv.

Dalam hal ini, dokter menjelaskan : “Setelah mendengar kalian mengatakan sering menggunakan secara bersama handuk dan sikat gigi. Selain tidak higienis, itu juga mudah saling menularkan virus. Gao, Anda sebenarnya lebih lama terinfeksi, hanya saja Anda tidak memiliki gejala, jadi Anda tidak menyadarinya. Virus hpv yang tertinggal di handuk bekas Anda gunakan itu dapat dengan mudah membuat suami Anda terinfeksi.”

Dalam kejadian tersebut di atas, dokter mengingatkan : Tidak peduli semesra apa pun, pasangan jangan menggunakan 4 hal ini secara bersama.

Handuk

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak pasangan yang berbagi penggunaan handuk, meskipun hal ini mungkin tampak sepele, namun sebenarnya ini adalah perilaku yang sangat tidak sehat.

Handuk umumnya digunakan untuk membersihkan muka dan menyeka badan, karena handuk kerap bersentuhan erat dengan kulit tubuh manusia saat digunakan, jadi lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri.

Jika kita berbagi menggunakan handuk ini, bakteri dapat menyebar ke pengguna lainnya, yang tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Oleh karena itu, dalam proses penggunaan handuk sebaiknya dipisahkan, alias masing-masing menggunakan handuknya sendiri, jangan digunakan bersamaan untuk mencegah penyebaran bakteri atau virus.

Pasta dan sikat gigi

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak keluarga yang terbiasa juga dengan berbagi penggunaan pasta gigi dan sikat gigi. Ketika menekan keluar pasta gigi dari tube, pasta gigi dan sikat gigi akan bersentuhan langsung, sehingga memberi kesempatan kepada bakteri atau virus untuk berpindah ke permukaan pasta gigi dan menyebar ke orang berikutnya yang menggunakan pasta tersebut.

Oleh karena itu, pasta gigi dan sikat gigi harus digunakan secara terpisah dalam keluarga. Jangan digunakan bersama-sama. Banyak kuman yang tersembunyi di sikat gigi.

Banyak orang mengalami masalah gusi berdarah saat menyikat gigi, dan bakteri ini juga akan bersembunyi di celah-celah sikat gigi yang sulit untuk dibersihkan secara menyeluruh.

Sumpit, sendok garpu makan

Pasangan, terkadang menggunakan sumpit, sendok dan garpu yang sama. Namun, jika salah satu pasangan menderita penyakit menular pada saluran pernapasan dan saluran pencernaan, atau positif terinfeksi helicobacter pylori (juga merupakan bakteri penyebab kanker lambung, tukak lambung, dan gastritis), mudah menularkan infeksi satu sama lain dengan berbagi penggunaan sumpit, sendok dan garpu.

Oleh karena itu, baik pasangan maupun keluarga disarankan untuk tidak berbagi penggunakan sumpit, sendok dan garpu. Yang terbaik adalah menggunakan sumpit, sendok dan garpu sendiri-sendiri. Selain itu juga mendisinfeksi alat-alat makan secara teratur.

Alat pencukur

Jika pasangan sering berbagi penggunakan pisau cukur, akan ada risiko kesehatan. Banyak pasangan yang tidak memperhatikan masalah ini saat menggunakan pisau cukur, mereka selalu berbagi penggunaan pisau cukur.

Perlu diketahui bahwa banyak penyakit menular itu ditularkan melalui darah. Jika kulit orang yang mencukur itu terluka oleh pisau cukur, lalu kita yang tidak tahu lalu menggunakan pisau pencukur tersebut, maka ada kemungkinan kita juga akan tertular penyakitnya. Oleh karena itu lebih disarankan untuk tidak bercampur dalam penggunaannya.(sin/yn)

Sumber: aboluowang