Robot Humanoid Paling Canggih Memiliki Ekspresi Wajah yang Mengesankan

Erabaru.net. Robot humanoid menjadi viral karena ekspresi wajahnya yang sangat detail.

Engineered Arts telah meluncurkan robot Ameca-nya di YouTube dan jelas terlihat seperti sesuatu yang keluar dari film fiksi ilmiah.

Video menunjukkan mesin menghangatkan bahunya, sebelum bunyi klik menyebabkan matanya terbuka dan menunjukkan ekspresi terkejut atau heran.

Ia memiliki alis berkerut, ia berkedip beberapa kali (meskipun tidak perlu) dan mengamati lengan mesinnya dengan tatapan intens dan penasaran.

Klip pendek berakhir dengan Ameca mengulurkan tangannya dan membentuk sedikit senyum saat menatap ke dalam jiwa Anda.

Ini tidak dapat disangkal mengesankan; tidak ada kata lain untuk itu.

Pendahulu robot humanoid telah berhasil meniru ekspresi wajah manusia dengan baik, namun mereka cenderung terlihat sedikit kaku dan… yah, namanya juga robot.

Namun, transisi mulus Ameca antara berbagai emosi serta wajah yang hampir sempurna seperti manusia menjelaskan mengapa Engineered Arts menggambarkannya sebagai ‘robot berbentuk manusia paling canggih di dunia’.

Orang-orang di YouTube sama-sama terkejut melihat betapa realistis dan miripnya mesin itu dengan manusia.

Seorang pengguna menulis: “Saya tahu kita seharusnya takut pada AI, tetapi ini adalah gynoid pertama yang tidak membuat saya takut. Ini cukup keren.”

Yang lain berkata: “Ini adalah mata. Orang-orang menerima begitu saja betapa pentingnya mata ketika berbicara tentang sesuatu yang tampak hidup.”

Yang ketiga menambahkan: “Awalnya saya benar-benar mengira ini CGI. Kerja bagus! Tangannya juga terlihat sangat bagus.”

Tantangan besarnya adalah membuat robot-robot ini dapat berjalan-jalan, dan Engineered Arts mengatakan bahwa mereka masih jauh dari itu.

Engineered Arts berharap desain mereka akan menjadi jalan masa depan karena ‘mewakili garis depan teknologi robotika manusia’.

“Dirancang secara khusus sebagai platform untuk pengembangan teknologi robotika masa depan, Ameca adalah platform robot humanoid yang sempurna untuk interaksi manusia-robot,” kata perusahaan tersebut di situs webnya.

“Kami fokus untuk menghadirkan teknologi inovatif kepada Anda, yang andal, modular, dapat ditingkatkan, dan mudah dikembangkan.” (yn)

Sumber: ladbible