Ubah Segera 4 Kesalahan Saat Mandi yang Berpotensi Berdampak Buruk pada Kesehatan

Erabaru.net. Mandi adalah rutinitas yang kita lakukan setiap hari, tetapi ada hal-hal kecil yang berkaitan dengan urusan mandi yang bisa membawa konsekuensi pada kesehatan kita.

Sebenarnya ada banyak kesalahan yang terjadi dalam urusan mandi, tetapi banyak orang yang tidak mengetahuinya untuk waktu yang lama. Hari ini, pelajari bersama apa saja kesalahpahaman yang dimaksud !

Apa saja kesalahan terkait mandi?

Beberapa kebiasaan yang tidak disengaja saat mandi dapat merugikan kesehatan Anda, seperti berikut ini:

  1. Suhu air terlalu tinggi

Banyak orang suka menggunakan air yang cukup panas saat mandi, apalagi saat cuaca dingin, panas yang menyengat bisa membuat seluruh tubuh menjadi hangat. Namun, kebiasaan ini sebenarnya sangat salah. Jika suhu air terlalu tinggi saat mandi, maka hal itu dapat menyebabkan pembuluh darah melebar.

Beberapa orang yang tekanan darahnya rendah sangat berbahaya dalam situasi ini, dan sangat mudah menimbulkan gejala kolaps akibat suplai darah ke otak yang tidak mencukupi.

  1. Langsung mandi begitu bangun tidur

Banyak orang memilih langsung mandi seketika bangun pagi di mana kesadaran belum sepenuhnya pulih, dengan alasan bisa membangkitkan semangat, merangsang otak dan membuat badan lebih energik. Namun, tindakan tersebut sebenarnya tidak sehat, mudah menimbulkan pusing bagi yang bersangkutan, bahkan bisa membuat syok bagi mereka yang gula darahnya rendah.

Jadi sebaiknya kita jangan langsung mandi tetapi cuci muka, gosok gigi begitu bangun pagi. Baru mandi setelah sarapan, di mana tubuh dan jiwa sudah sepenuhnya pulih.

  1. Langsung mandi saat kenyang usai makan

Sering kita menjumpai orang berkeringat usai makan, apalagi saat cuaca sedang panas. Dan tidak sedikit orang yang memilih mandi untuk mendapatkan kesegaran.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa, banyak darah dalam tubuh kita yang mengalir ke bagian perut di saat baru makan, dan mandi pada saat itu akan menyebabkan pembuluh darah di seluruh tubuh melebar, meningkatkan aliran darah ke kulit dan otot, yang berdampak besar terhadap pencernaan, mudah menyebabkan gejala seperti gangguan pencernaan. Jadi tidak dianjurkan langsung mandi setelah selesai makan, sebaiknya istirahat sejenak.

  1. Langsung mandi begitu selesai berolahraga

Setelah berolahraga, kapiler di tubuh kita masih terbuka. Jika Anda langsung mandi di saat itu, akan menyebabkan masuk angin, dan kemungkinan besar akan menyebabkan masuknya uap air ke dalam tubuh yang sangat merugikan kesehatan.

Setelah memahami beberapa kesalahan tentang mandi, mari kita pahami bagaimana seharusnya kita mandi secara benar.

Dalam keadaan normal, dianjurkan untuk mandi dengan suhu air yang tidak terlalu jauh dari suhu tubuh manusia, yakni antara 35 hingga 37 °C. Bahaya suhu air yang tinggi telah dijelaskan di atas, kesalahan ini sebaiknya kita hindari dalam kehidupan sehari-hari.

Saat mandi, sebaiknya diperhatikan agar tidak menggosok kulit terlalu keras, karena kulit kita sebenarnya tidak terlalu kotor dalam keadaan normal.

Banyak orang menggosok tubuh mereka dengan keras setiap kali mandi. Melakukan hal itu kemungkinan akan menghilangkan lapisan stratum korneum dan lipid pada kulit kita yang sebenarnya berfungsi sebagai pelindung kulit, sehingga membuat kulit kita terpapar terhadap rangsangan eksternal. Jelas hal ini dapat merugikan kesehatan kita.

Selain itu, jika Anda terbiasa untuk mandi di pagi hari, disarankan untuk mandi setengah jam setelah serapan. Jika Anda juga terbiasa dengan mandi sebelum tidur di malam hari, dianjurkan untuk mandi dua jam sebelum tidur, karena suhu tubuh Anda akan naik usai mandi, dan itu bentrok dengan tidur.

Rasa kantuk kita pada dasarnya datang ketika suhu tubuh kita menurun, sehingga usai mandi membuat orang sulit untuk langsung tertidur.(sin/yn)

Sumber: aboluowang