Ikan Berkepala Transparan, Berwajah Mirip Alien Ditemukan di Teluk Monterey, California

Erabaru.net. Umumnya ikan yang hidup di perairan di bawah 200 meter disebut ikan laut dalam. Baru-baru ini peralatan selam para ilmuwan berhasil merekam gambar jenis ikan langka yang berkepala transparan yang hidup di kedalaman air 600 hingga 800 meter di Teluk Monterey, California. Melihat kedua bola matanya yang berwarna hijau berputar dalam bola kaca, ikan itu mirip makhluk alien.

Media ‘The Sun’ yang mengutip laporan Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), California melaporkan bahwa, selama melakukan misi pengamatan laut dalam baru-baru ini, peralatan selam yang digunakan untuk penelitian berhasil menemukan ikan spesies barreleyes (ikan hantu) Lautan Pasifik yang sangat langka. Kemudian diambil gambarnya dengan menggunakan teknologi remote control.

Dari rekaman video yang berdurasi sekitar 1 menit ini terlihat bahwa kepala “monster laut dalam” ini sebenarnya transparan, dan dengan penerangan dari cahaya kamera, tampak kedua bola matanya yang berwarna hijau berputar dalam bola kaca. Ikan berwajah aneh ini mirip makhluk alien.

MBARI mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan lebih dari 5.600 misi penelitian laut dalam dengan menggunakan peralatan selam yang dikendalikan dari jarak jauh, dan telah mengambil gambar video total durasi sampai 27.600 lebih jam. Tetapi kali ini cukup beruntung, karena baru 9 kali penyelaman sudah menemukan ikan barreleye.

Menurut laporan, ikan yang panjang tubuhnya bisa mencapai 15 cm ini mendiami tepi laut di mana hanya sedikit cahaya yang dapat menembus, terutama terkonsentrasi di kedalaman air 600 hingga 800 meter.

Umumnya mata ikan “monster” ini tumbuh di bagian dalam kepala, berbeda dengan ikan umumnya yang matanya tumbuh di kedua sisi bagian luar kepala.

MBARI menjelaskan bahwa karena cahaya di lingkungan ikan tersebut hidup cukup redup, jadi ikan barreleye biasanya bola matanya melihat ke atas, untuk mendeteksi bayangan yang ditimbulkan oleh cahaya dari atas. Ikan tersebut umumnya memakan krustasea kecil yang tersembunyi di tentakel ubur- ubur.

Meskipun mata menghadap ke atas dan mulut menghadap ke depan, ikan ini tidak mengalami kesulitan dalam mencaplok makanan, karena para peneliti menemukan bahwa ikan hantu ini dapat memutar arah bola mata mereka secara langsung di jaringan transparan kepala, konfigurasi yang aneh ini lebih kondusif dalam pengumpulan cahaya.(sin/yn)

Sumber: aboluowang