Jutaan Kumbang Menyerang Kota di Argentina Menyebabkan Kerusakan pada Mobil dan Properti

Erabaru.net. Sebuah invasi kumbang proporsi alkitabiah telah melanda Kota Santa Isabel di Argentina, menyebabkan kerusakan pada bangunan dan properti.

Kota berpenduduk sekitar 2.500 jiwa di provinsi tengah Argentina La Pampa telah diganggu oleh kawanan kumbang selama lebih dari seminggu. Penduduk setempat sedang berjuang untuk membersihkan jalan-jalan dan rumah mereka dari wabah yang sesungguhnya ini, RT melaporkan.

“Mereka ada di mana-mana – di rumah-rumah, di toko-toko,” keluh Wakil Walikota Cristian Echegaray kepada media.

Penegakan hukum setempat menyalahkan kumbang karena merusak kantor polisi, bangunan tempat tinggal, dan kendaraan, serta menyumbat saluran air, di antara ketidaknyamanan yang lainnya yang terjadi.

Ketika kumbang menyebabkan malapetaka, pihak berwenang setempat mencoba segala cara untuk menghentikan ‘invasi’. Mereka bahkan mengambil tindakan drastis untuk mematikan lampu jalan dan lampu bangunan umum.

Serangga ini tidak menggigit atau menyengat, tetapi mereka dilindungi oleh cangkang yang kokoh dan memiliki kecenderungan untuk menabrak benda-benda saat mereka terbang, jadi penduduk setempat disarankan untuk menutupi wajah mereka saat berada di luar untuk menghindari cedera.

Beberapa penduduk telah mengambil serangga dengan muatan kotak besar dan membuangnya ke luar kota.

Pihak berwenang mengaitkan serangan itu dengan hujan lebat yang luar biasa sepanjang tahun dan gelombang panas yang baru-baru ini melanda Argentina, yang membuat suhu naik hampir 40C .

Di sisi lain, kondisi tersebut sempurna untuk reproduksi serangga, larva yang berkembang yang mana terjadi di bawah tanah. (lidya/yn)

Sumber: indiatimes