Mengapa Kucing Takut Mentimun?

Erabaru.net. Kucing – apa jadinya internet tanpa mereka? Hewan peliharaan rumah favorit bagi banyak orang, kucing telah membuat mereka terhibur, jatuh cinta namun juga bingung selama beberapa generasi.

Dan, ketika dunia online semakin menjadi kebutuhan pokok di tahun 2022, ada banyak web yang sepenuhnya didedikasikan untuk semua kebiasaan yang dilakukan oleh kucing – mengapa mereka menyukai tanaman catnip dan apa arti sebenarnya dari posisi tidur mereka.

Meskipun didokumentasikan dengan baik bahwa kucing dan anjing sering kali memiliki hubungan yang kurang bersahabat, kucing dan timun juga bertentangan – ada banyak video di web yang menunjukkan bahwa jika Anda meletakkan mentimun di belakang atau di samping kucing, itu akan menyebabkan hewan itu melompat ketakutan dan terkejut ketika mereka menyadari keberadaan sayuran itu.

Lelucon yang cukup lucu, tentu saja – tetapi juga, reaksi aneh dari seekor kucing yang hanya membutuhkan sepotong makanan.

Jadi, mengapa sayuran itu membuat begitu banyak kucing ketakutan dalam hidup mereka?

Satu tebakan mengapa sayuran tersebut membuat kucing terkejut adalah karena mereka menyerupai ular.

Con Slobodchikoff, ahli perilaku hewan dan penulis Chasing Doctor Dolittle: Learning the Language of Animals, mengatakan kepada ABC News: “Kucing secara genetik terprogram melalui naluri untuk menghindari ular.”

“Mentimun cukup terlihat seperti ular untuk memiliki ketakutan naluriah kucing terhadap ular.”

Namun, itu mungkin juga tidak ada hubungannya dengan penampilan mentimun yang seperti ular – fakta bahwa dia ditempatkan di belakang kucing secara tiba-tiba juga bisa menjadi penjelasan untuk reaksi terkejut dari kucing.

Jill Goldman, yang juga adalah ahli perilaku hewan bersertifikat, mengatakan kepada National Geographic bahwa mentimun memicu refleks kejutan alami kucing.

“Dengan respons yang mengejutkan, kucing sering kali menjauh dari sana secepat mungkin dan kemudian mengamati kembali dari kejauhan.”

Apa pun alasannya, National Geographic menyarankan untuk tidak mencoba eksperimen ini pada kucing Anda.

Laporan telah menyimpulkan bahwa dengan sengaja mencoba mengejutkan kucing Anda dapat menyebabkannya melukai diri sendiri, memecahkan sesuatu, atau menyebabkan stres yang berkepanjangan.(lidya/yn)

Sumber: Metro