Manzhouli, Mongolia Dalam, Lockdown, Semua Warga Harus Menjalani Tes COVID-19, Pengendalian Lalu Lintas Diperketat, Jalan Darat dan Udara Ditutup

Warga di Manzhouli, Mongolia Dalam bagian utara, Tiongkok, menjalani tes asam nukleat untuk virus corona (COVID-19) pada 28 November 2021. (STR/CNS/AFP melalui Getty Images)

Li Jinfeng

Pada akhir tahun lalu, wabah menyebar di Manzhouli, Mongolia Dalam dan menyebar luas ke banyak provinsi di daratan Tiongkok. Kini, pandemi di Manzhouli  kembali merebak, dan semua orang lokal menjalani tes COVID-19. Warga diminta tidak meninggalkan komunitas. Pengendalian lalu lintas ditegakkan secara ketat di semua jalan lalu lintas dan pintu masuk dan keluar perkotaan di kota. Angkutan umum dan pengiriman ditangguhkan.

Pada 15 Februari, situs web Pemerintah Kota Manzhouli Mongolia Dalam melaporkan, sebanyak 5 kasus orang yang dites positif COVID-19 ditemukan di Kota Manzhouli pada hari yang sama. Sejak 15 Februari, jalanan di Distrik Selatan Kota Manzhouli  ditingkatkan menjadi area berisiko sedang.

Pemberitahuan tersebut tidak merinci jenis varian yang mana  menginfeksi orang-orang ini, juga tidak merinci seperti di mana orang-orang yang terinfeksi itu tinggal. Dunia luar skeptis terhadap angka resmi, mengingat  Tiongkok selalu menutupi kebenaran.

Laporan tersebut menyatakan bahwa mulai pukul 14:00 pada 15 Februari, semua penduduk  akan menjalani tes PCR . Diperlukan untuk mengambil komunitas perumahan sebagai satu kesatuan dan melakukan tes COVID-19 di komunitas. Sebanyak 10 penduduk dijadikan sampel sebagai kelompok , dan nomor ponsel yang akurat harus didaftarkan.

Pada saat yang sama, warga diminta untuk tidak meninggalkan komunitas kecuali diperlukan. Semua unit perumahan dijaga selama 24 jam.

Mulai pukul 8:00 pagi pada 15 Februari, pengendalian lalu lintas dilakukan secara ketat akan diterapkan di semua jalan lalu lintas dan pintu masuk dan keluar kota. Warga dilarang keras masuk dan keluar Kota Manzhouli. Kendaraan keperluan kebutuhan hidup hanya bisa masuk dan keluar setelah persetujuan dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Pandemi Kota. Angkutan umum seperti bus, taksi, dan fasilitas transportasi umum lainnya akan ditangguhkan. Sedangkan penerbangan bandara domestik akan ditutup, dan kendaraan penumpang kereta api akan ditangguhkan.

Ruang mahjong, pemandian, bioskop, teater, restoran, ruang karaoke, ruang dansa, otlet pedikur, panti pijat, ruang permainan, kafe internet, tempat olahraga dan kebugaran dalam ruangan, taman bermain anak-anak dalam ruangan, hotel  yang terletak di basement atau semi-basement, berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan offline dan tempat-tempat lainnya ditutup.

Selain itu, Klinik individu ditangguhkan, lembaga kesejahteraan dan lembaga layanan perawatan lansia ditutup  dan orang-orang dilarang masuk dan keluar. 

Lembaga perawatan manula menangguhkan penerimaan orangtua yang baru dirawat dan menghentikan kegiatan kunjungan. Lembaga Keamanan publik, penjara, peradilan dan administrasi berada di bawah manajemen tertutup, dan kunjungan ditangguhkan.

Semua jenis organisasi sosial tidak mengadakan kegiatan gathering, acara perkawinan dan perayaan ditunda, dan pemakaman ditangani secara singkat.

Pada November 2021, terjadi wabah di Manzhouli, Mongolia Dalam, dan per 1 Desember tahun itu, telah menyebar ke dua provinsi dan lima tempat. (hui)