Pria Turki Positif Covid-19 Selama 14 Bulan

Erabaru.net. Seorang pria berusia 56 tahun dari Turki telah menghabiskan 14 bulan terakhir hidupnya dalam isolasi, selalu dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 78 kali sejak terinfeksi pada November 2020.

Muzaffer Kayasan dari Turki telah dirawat di rumah sakit dan rumahnya sendiri selama lebih dari setahun, dan putus asa mencari cara untuk kembali ke kehidupan lamanya.

Setelah terinfeksi virus corona pada November 2020, Kaysan dirawat di rumah sakit dan dirawat hingga penyakitnya membaik. Dia berhasil mengatasi gejala Covid-19 yang lebih buruk, tetapi virus itu tetap ada di sistemnya, dan setiap tes yang dia jalani sejak itu selalu positif, membuatnya tetap harus diisolasi, baik di rumah sakit atau di rumahnya sendiri.

Pria berusia 56 tahun itu adalah pasien leukemia dan immunocompromised, yang menurut dokter menjelaskan mengapa tubuhnya terus memiliki virus corona setelah sekian lama.

Dia telah diberi resep obat untuk meningkatkan sistem kekebalannya tetapi prosesnya panjang dan sulit.

Terisolasi begitu lama hampir menghancurkan kehidupan sosial Muzaffer, membuatnya tidak dapat berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman, dan hanya mengizinkannya untuk melihat anak-anak dan cucu-cucunya melalui jendela. Hanya istri dan putra bungsunya yang tinggal bersamanya.

“Saya tidak punya masalah di sini selain tidak bisa menyentuh orang yang saya cintai. Hal ini sangat sulit. Saya bahkan tidak bisa divaksinasi karena kondisi saya,” kata Kaysan kepada Anadolu Agency.

Tidak jelas apakah selama 14 bulan dia terus-menerus di tes untuk Covid-19 sebanyak 78 kali dengan hasil positif, tepatnya – merupakan semacam rekor, tetapi Muzaffer Kayasan pasti sudah muak dan sekarang memohon kepada pihak berwenang untuk menemukan solusi untuk masalahnya.

Sayangnya, vaksin Covid-19 bukanlah jawaban, karena ia tidak dapat divaksinasi karena kondisi medisnya.(lidya/yn)

Sumber: odditycentral