Ibu di Spanyol Melahirkan Bayi Kembar, Salah Satu Bayi Lahir Masih Terbungkus Kantung Ketuban

Erabaru.net. Baru-baru ini, seorang ibu di Spanyol melahirkan sepasang anak perempuan kembar melalui operasi caesar di rumah sakit. Anehnya, salah satu bayi lahir masih terbungkus kantung ketuban. Bahkan tim medis yang menangani kelahiran juga terkejut, mengatakan bahwa kejadian ini sangat jarang terjadi, kemungkinannya hanya 1 dari 80.000 kasus.

Pada 23 Maret lalu, di sebuah rumah sakit di Kota Vinaròs, Valencia, Spanyol bagian timur, seorang ibu melahirkan bayi kembarnya melalui operasi caesar. Tetapi di luar dugaan, bayi kembar perempuan kedua lahir masih terbungkus kantung ketuban, sehingga dikeluarkan utuh dari perut ibunya.

Ana Teijelo dokter kandungan dan ginekolog yang bertanggung jawab atas persalinan tersebut, berbagi berita luar biasa ini di akun Twitter, yang memungkinkan banyak netizen untuk menyaksikan keajaiban hidup ini.

“Ini adalah pengalaman pertama kalinya saya melakukan operasi caesar dengan kantung ketuban yang tidak pecah dan saya menyukainya !” tulis dokter yang sudah lama berkecimpung dalam urusan persalinan.

Dalam posting terpisah, dr. Ana Teijelo menambahkan bahwa si kembar lahir sehat dan dalam kondisi sangat baik. Seluruh staf di ruang bersalin, termasuk bidan, ginekolog, dokter anak, ahli anestesi, perawat, mahasiswa, dan tentu saja ibu bayi, menikmati persalinan yang tak terlupakan ini.

Dr. Ana Teijelo berharap pengalaman kelahiran yang langka ini akan menginspirasi semua petugas kesehatan di masa depan untuk tidak kehilangan semangat mereka.

“Saya tidak merasa bosan untuk melihat foto-foto ini,” katanya.

Dia juga mengklarifikasi bahwa foto dan video itu dibagikan di media sosial dengan izin dari ibu yang melahirkan bayi kembar ini.

Foto-foto ini telah menarik perhatian banyak netizen, mereka meninggalkan pesan antara lain :

“Pola kelahiran yang begitu indah benar-benar hebat.”

“Misteri kehidupan !”

“Kehebatan seorang ibu, kejutan bagi anak.”

Untuk mengenang momen spesial tersebut, dr. Ana Teijelo dan staf rumah sakit mencetakkan satu gambar plasenta kedua bayi yang diberi warna masing-masing biru dan ungu untuk dihadiahkan kepada ibu kedua bayi kembar tersebut.

Kantung ketuban adalah dua membran transparan yang keras yang terletak di dalam plasenta, yang memberikan perlindungan bagi janin dan memungkinkan janin tumbuh dengan aman di dalam tubuh ibu. Cairan ketuban di kantung ketuban memungkinkan embrio bergerak bebas tanpa menekan terlalu keras pada dinding rahim.

Biasanya, saat janin lahir, kantung ketuban yang berisi cairan ketuban akan pecah terlebih dahulu, yang biasa disebut pecah cairan ketuban. Dalam kasus operasi caesar, dokter juga akan menggunakan pisau bedah untuk membantu sayatan. Namun, sangat jarang terjadi tidak pecah kantung ketuban saat bayi lahir, ini kemungkinan klinisnya hanya sebesar 1 dari 80.000 kasus.

Dilaporkan bahwa kondisi ini secara medis dikenal sebagai ‘En caul’, dan di dunia Barat juga dikenal sebagai “kelahiran putri duyung”.(sin/yn)

Sumber: epochtimes