Jamur Bisa ‘Berbicara’ ? Ilmuwan Menemukan : Mereka Bisa ‘Berbicara’ Setidaknya 50 Kata

Erabaru.net. Organisme jamur beragam, baik itu jamur liar di hutan, atau jamur biasa dalam kehidupan sehari-hari, semuanya membuat orang merasa itu sangat misterius dan menarik.

Sebuah studi baru-baru ini oleh para ilmuwan Inggris menemukan bahwa jamur sebenarnya dapat ‘berbicara’ dengan rekan-rekan mereka, dan berkomunikasi lebih dari 50 kata! Kata-kata yang dikomunikasikan jamur sangat dekat dengan distribusi bahasa manusia, mereka memberitahu teman mereka bahwa ada bahaya atau makanan melalui aktivitas gelombang listrik.

Ilmuwan Inggris Andrew Adamatzky melakukan eksperimen dan pengamatan pada empat jamur berbeda: Enoki, Caterpillar Fungi, Ghost Fungus, dan Split Gill. Ternyata jamur dapat berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal elektromagnetik melalui ‘hifa’, dan para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 50 kata dari percakapan mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa jamur dapat melakukannya, dalam beberapa kasus, mengirim sinyal elektromagnetik untuk bertukar pesan dengan tetangga mereka. Misalnya, ketika mereka dalam bahaya, mereka akan mengirimkan sinyal khusus untuk memperingatkan orang lain. Dan jamur pemakan kayu, jika hifa bersentuhan dengan kayu, mereka akan mengirimkan sinyal elektromagnetik frekuensi tinggi untuk memberi tahu teman mereka bahwa ada makanan.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa jamur berkomunikasi melalui gelombang radio untuk menjaga keutuhan kelompok, seperti serigala menggunakan lolongan serigala untuk melindungi fungsi kelompok.

Yang lebih menakjubkan lagi adalah cara jamur berkomunikasi sangat mirip dengan cara sel saraf manusia mentransmisikan. Namun, beberapa ilmuwan percaya bahwa tidak mudah menyimpulkan bahwa jamur menggunakan gelombang radio untuk komunikasi verbal, dan tes lebih lanjut diperlukan untuk mencapai kesimpulan.(lidya/yn)

Sumber: hker.life