Keindahan Alam: Fenomena Langka Menunjukkan Air Memancar dari Pohon Murbei Berusia 100 Tahun Seperti Air Terjun

Erabaru.net. Tidak hanya satu, melainkan banyak fenomena alam yang memukau yang dapat membuat kita takjub – mulai dari bunga berwarna-warni hingga wewangian yang manis hingga pepohonan yang megah. Namun pernahkah Anda melihat pohon yang lebih mirip air terjun?

Sebuah fenomena unik yang menunjukkan air yang mengalir dari pohon berusia 100 tahun di Eropa Selatan telah membuat orang kagum dengan alam. Video pemandangan yang menakjubkan menunjukkan air mengalir keluar seperti aliran dari batang pohon tanpa daun.

“Murberry ajaib dari Dinoša bekerja sebagai mata air lagi,” demikian bunyi keterangan video yang dibagikan di Instagram.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana hal itu terjadi – pemandangan indah ini disampaikan oleh pohon murbei berusia 100 tahun. Fenomena ini diamati hanya selama beberapa hari setiap tahun, menurut laporan BBC.

“Selama beberapa hari setiap tahun di padang rumput di Montenegro, air dapat terlihat memancar dari batang pohon murbei berusia 100 tahun,” kata laporan BBC.

Fenomena tersebut terjadi di sebuah desa bernama Dinosa, dan merupakan pemandangan yang spektakuler untuk disaksikan oleh siapa saja.

Air menyembur keluar dari pohon murbei saat hujan lebat, dan itu terjadi karena mata air bawah tanah, yang membanjiri saat hujan deras, menciptakan tekanan kuat yang mengirimkan air memancar keluar dari batang pohon murbei.

Menurut seorang warga setempat, fenomena tersebut telah terjadi selama 20-25 tahun terakhir atau lebih.

“Ini telah terjadi selama 20 hingga 25 tahun terakhir, bahkan mungkin lebih lama. Pohon ini berusia 100 tahun, bahkan mungkin 150 tahun. Sebuah rongga dibuat di tengah dan mata air bawah tanah telah menembus ke mahkota dan sekarang gambar yang indah ini dibuat,” kata Emir Hakramaj seperti dikutip Radio Free Europe.

Ini bukan satu-satunya contoh fenomena indah di alam – di desa Tuhala, Estonia, terdapat sebuah sumur yang mulai menyemburkan air setelah hujan deras. Sumur ditempatkan di atas sungai bawah tanah, dan setelah air hujan membanjiri sungai, tekanan air meningkat hingga menyembur keluar dari sumur. Tingginya bisa mencapai setengah meter. Ini berlanjut selama beberapa hari, dan selama waktu ini, lebih dari 100 liter air dapat mengalir keluar setiap detik.(lidya/yn)

Sumber: indiatimes